» » Gegara Menyan Potensi Wisata di Kabupaten Subang

Potensi yang terpendam di kawasan Pulau Gegara Menyan (GM) di Desa Anggasari Kecamatan Sukasari, Subang juga mengundang perhatian dari salah satu tokoh Kabupaten Subang, M Riza Hanafi. Pria yang merupakan pensiunan PNS itu mengaku peduli terhadap setiap potensi yang ada di wilayah Kabupaten Subang. baik itu potensi alam, wisata, ekonomi dan sumber daya lainnya. 
Demi memajukan kawasan Gegara Menyan tersebut, dia bersama para relawan Kopepar dan pegiat sosial media berniat mempromosikan kawasan tersebut dengan berbagai cara.
Adapun luas kawasan Gegara Menyan itu saat surut, bisa mencapai panjang 3,5 Km dan lebar mencapai 300 meter. Kawasan pulau itu terpisah dengan mulut sungai di daratan sekitar 2 Km. Untuk menuju ke GM, diperlukan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan perahu nelayan. Sebelum sampai di GM, pengunjung akan ditemani rindangnya pohon bakau di kanan kiri sungai.
Untuk menambah penghijauan di daerah itu Riza dan kawan kawan berencana melakukan penanaman sebanyak dua ribu pohon Akasia yang memiliki nilai ekonomis saat sudah besar.
Menurut Riza, ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan untuk membenahi kawasan GM agar minimal beranjak dari kawasan yang tertinggal menjadi kawasan wisata tradisional.
“Dan langkah langkah yang akan dilakukan perlu kerjasama dengan berbagai pihak seperti pemerintah desa dan KUD setempat,” 
Pertama penataan kawasan pulai GM dengan Memasang Karung pasir di titik yang rawan dihantam ombak agar terjaga dari abrasi.
Kedua, bersihkan aliran sungai sampai ke kawasan GM dari segala macam sampah.
Ketiga, siapkan sarana sanitasi dan warung jajanan serta makan bagi kebutuhan para wisatawan lokal. Ditambah dengan Sikap warga yang ramah dan informatif bagi parA wisatawan.
Keempat, membuat dermaga sederhana agar pelancong terutama wanita dapat menaiki perahu dengan aman dan mudah saat hendak ke Kawasan GM.
Kelima, KUD Mina Laksana bisa juga meniru upacara ruat laut yang sudah sukses digelar di Blanakan dan Muara. Meskipun sederhana dan tidak sebesar di Blanakan dan Muara. (WK)




About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama