» » Hewan Ternak Diasuransi,

Program asuransi, ternyata bukan hanya berlaku untuk manusia semata. Di Kabupaten Subang, hewan ternak pun bisa diasuransikan. Sistem pemberlakuannya, mirip yang diterapkan asuransi untuk manusia atau kendaraan.   

Melalui program AUTS atau Asuransi Usaha Ternak Sapi, Dinas Peternakan Subang menerapkan asuransi khusus ternak sapi, bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Jasindo. Menurutnya, asuransi ini berguna untuk memberikan perlindungan dalam bentuk ganti rugi, kepada peternak jika terjadi kematian, kehilangan, atau kecelakaan yang dialami hewan peliharaannya.  

Edi menyebut, ada sejumlah kriteria untuk bisa mengikuti asuransi ternak ini. Di antaranya, peternak sapi yang melakukan usaha pembibitan, sapi dalam kondisi sehat dan minimal berumur satu tahun, serta peternak skala kecil (mikro).   

Syaratnya, setiap sapi harus ditandai dengan nomor telinga (micro chip), peternak bersedia membayar premi swadaya sebesar 20%, serta memenuhi persyaratan dan ketentuan polis asuransi. Dia menuturkan, harga premi asuransi tersebut sangat murah, yakni cuma Rp40.000/ekor/tahun, karena telah disubsidi oleh pemerintah sebesar 80%.

Dengan membayar premi swadaya ini, para peternak langsung mendapat jaminan atas sejumlah resiko yang dialami ternak sapinya. Seperti, resiko sapi mati karena penyakit, kecelakaan,  mati melahirkan, atau hilang karena kecurian.

“Setiap sapi yang mengalami resiko, akan mendapat pertanggungan sebesar Rp10 juta/ekor, dengan jangka waktu pertanggungan selama satu tahun,”pungkas Edi.(WK)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama