PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » HKTI Subang Usulkan Pola Tanam Padi Sesuai Kakakteristik dan Kearifan Lokal

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indoneisa (HKTI) Kabupaten Subang, H. Aceng Kudus, mendesak Pemkab Subang, untuk mengatur zonanisasi pola tanam padi di Kabupaten Subang, harus sesuai dengan karakter wilayah dan kearifan lokal, seperti di wilayah Selatan cocok untuk tanaman padi Organik, wilayah tengan khusus untuk padi konsumsi dan di wilayah Utara khusus untuk padi industri, hal itu guna meningkatkan produksi padi di Kabupaten Subang. 

Zonanisasi pola tanam yang cocok di wilayah Selatan yaitu padi organik, karena sesuai dengan karakter lahan dan kaearifan lokal, yang dimiliki para Petani Selatan, sedangkan tengah dikhususkan untuk menanam padi konsumsi dan wilayah Utara dikhususkan padi untuk industri.

Sementara itu menurutnya, dengan cara itu, para Petani nantinya akan labih fokus dalam menggenjot produksi padinya, sehingga hasil panen nanti, bisa meningkatkan kesejahteraan para Petani.

Dengan fokus seperti itu, para Petani akan lebih bergairah karena dalam persaingan pasar tidak begitu ketat diantara Petani Subang, karena memproduksi lain kebutuhan, seperti Petani Selatan memproduksi padi organik dengan pangsa pasar khusus, sedangkan petani wilayah tengah pangsa pasarnya umum karena memproduksi padi konsumsi, begitupun dengan petani di Utara yang memproduksi padi khusus untuk kebutuhan industri.

Ia menegaskan, dengan zonanisasi pola tanam tersebut, tentunya akan berimbas juga terhadap stabilitas harga gabah di tingkat Petani nanti, saat hasil panen di jual. (Re-rri)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama