» » Jangan Dipaksa, Kenalkan Sayur & Buah Pada Anak Sejak Dini Moms!

Moms, siapa yang memiliki anak yang tidak menyukai sayur dan buah? Padahal, kebiasaan makan sayur dan buah seharusnya dibiasakan sejak dini. Bagaimana pun, makanan ini sangat baik bagi tumbuh kembang anak.
 
Peran orangtua pun sangat penting dalam memberi contoh pola makan sehat. Psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, menjelaskan bahwa mengenalkan sayuran dan buah pada anak adalah tantangan yang tidak mudah.

"Anak tidak suka makan buah dan sayur karena tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan," ujar Ayoe.

Hal ini akibat orangtua juga tidak suka makan dan tidak memahami pentingnya sayur dan buah. Bagi anak, rasa makanan sebenarnya sama saja. Jika dibiasakan sejak awal, maka akan terbentuk dalam pikiran anak bahwa buah dan sayuran itu enak.

“Orangtua sering beralasan repot menyiapkan makanan dengan harus mengolah sayur dan buah,” jelas Ayoe.

Bahkan ada anak yang trauma makan sayur dan buah karena cara memberikannya dipaksa. Jika sudah pada kasus seperti ini, maka akan terbawa seumur hidup dan harus diterapi karena anak merasa trauma.

Untuk anak-anak berkebutuhan khusus kadang memang terjadi gangguan sensor di lidah sehingga mereka tidak dapat mengonsumsi buah dan sayur yang keras.

Sebaiknya membiasakan anak makan buah dan sayur secara perlahan saja ya Moms, apalagi jika Moms bisa menyajikannya dengan cara membuat kreasi makanan yang unik agar anak tertarik.(vml)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama