» » Jangan Dipandang Sebelah Mata

Dosen Pendidikan Non Formal dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Dr H Sutirna MPd mengatakan, guru yang mengajar di pendidikan non formal jangan dipandang sebelah mata. Mereka sama halnya dengan guru formal yang turut mencerdaskan bangsa. Dia mengatakan, guru non formal kebanyakan bukan PNS, karena dia berangkat dari masyarakat. Meskipun begitu semangat mengajar perlu diapresiasi.

“Yang didominan sekarang mengajar di pendidikan non formal itu ya non PNS, karena pengangkatan untuk jadi PNS-nya tidak ada,”

Dia melihat di lapangan, guru-guru yang mengajar di pendidikan non formal memiliki semangat yang tinggi. Namun masih disayangkan perhatian terhadap mereka belum maksimal.

Mengenai perlakukan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru perlahan-lahan sudah mulai sama baik ke guru formal maupun non formal. Pelatihan-pelatihan kerap kali dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Hanya saja kalau di sekolah formal ada namanya Uji Kompetensi Guru (UKG) yang nantinya berlanjut ke tunjangan sertifikas. Di non formal belum sejauh itu.

“Di non formal juga ada seperti diklat, pelatihan. Itu kan untuk meningkatkan wawasan mereka,” (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama