PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Jumantik, Upaya Tekan Kasus DBD

Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik, adalah sebuah program baru yang akan segera di gaungkan oleh Kementerian Kesehatan hingga ke tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), dengan membentuk Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Kepala PKM Pagaden, dr. Indriati Oetama, ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, saat ini Kemenkes bersama Dinkes Prov Jabar dan Dinkes Subang mensosialisasikan gerakan satu rumah satu jumantik di PKM Pagaden.

Menurutnya program tersebut harus segera dilaksanakan, mengingat sesuai data kasus DBD. Penyakit DBD masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dan menimbulkan dampak sosial dan ekonomi.

Dampak sosial yang dimaksud adalah DBD bsia menimbulkan kematian dan dampak ekonomi dengan biaya pengobatan yang cukup tinggi.

Selain itu obat virus danggue belum tersedia, oleh karenanya untuk mengendalikan dan menekan angka kasus DBD dengan cara mengendalikan vektor penular dengan PSN 3M Plus yaitu memberantas sarang nyamuk Aides Aegpty.

Untuk meningkatkan keberhasilan ini maka diperlukan adanya juru pemantau jentik atau Jumantik dalam melakukan pengawasan, penyuluhan kepada masyarakat agar melakukan PSN dan 3M Plus.

3M Plus yang dimaksud adalah bukan hanya menguras bak mandi satu minggu sekali, menutup penampungan air, tetapi juga mendaur ulang barang dan memanfaatkan barang bekas serta menabur larva sida pembasmi jentik, memelihara ikan pemakan jentik memakai kelambu dan obat pencegah gigitan nyamuk.

Sementara itu Rita Ariyati perwakilan Kemenkas menuturkan program tersebut merupakan kewaspadaan dini dan pengendalian DBD di masyarakat, dimana program tersebut nantinya diharapkan bisa menekan angka kasus DBD.

Oleh karena itu pihaknya meminta dukungan semua pihak dalam suksesnya program gerakan satu rumah satu jumantik.  (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama