PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Wajah bengep setelah bangun tidur? Ini 7 kemungkinan sebabnya

Kadang begitu bangun tidur, kita mendapati wajah terasa bengep. Mata pun sembab seperti habis menangis. Sering mengalami hal seperti ini? Inilah yang disebut facial edema.
 
Kondisi ini terjadi karena penyimpanan cairan di bawah kulit. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai yang serius. Berikut ini beberapa di antaranya.

Pola makan yang tidak seimbang
Menutu John Socratous, penulis The Face Fitness Formula ada beberapa penyebab umum dari wajah bengep. Salah satunya adalah pola makan. Pola makan yang buruk menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. 

Wajah bengep bisa disebabkan karena konsumsi lemak, karbohidrat, atau garam berlebihan. Selain itu, kekurangan vitamin C dan beta karoten juga bisa mengakibatkan penumpukan cairan di wajah.

Dehidrasi
Menurut Socratous, dehidrasi merupakan penyebab paling umum dari wajah bengep. Tubuh cenderung menumpuk sebanyak mungkin cairan saat dehidrasi. Kelebihan cairan ini paling terasa di area wajah dan perut.

Konsumsi alkohol
Alkohol, apapun jenisnya, akan menyebabkan dehidrasi setelah dikonsumsi. Menurut Socratous, bir, anggur, sake, maupun jenis alkohol lainnya akan menyebabkan efek yang sama.

Hipotiroid
Salah satu gejala hipotiroidisme atau kurangnya hormon tiroid dalam tubuh adalah wajah bengkak. Biasanya, kondisi ini menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan dan menjadikan wajah ikut membengkak. Sembelit, mudah lelah, dan kulit kering juga termasuk gejala hipotiroid.

Alergi
Dilansir HowToRemoveThat, wajah bengep juga bisa disebabkan karena reaksi alergi. Perhatikan, apakah sehari sebelumnya kamu memakan sesuatu yang bisa mengakibatkan alergi atau terekspos debu dan serbuk sari.

Sakit gigi
Infeksi yang menyebabkan sakit gigi juga bisa membuat wajah jadi bengep. Wajah akan kembali ke kondisi normal saat rasa sakitnya menghilang.

Bantal terlalu rendah
Tidur dengan posisi kepala terlalu rendah akan menyebabkan darah terakumulasi di bagian wajah. Pastikan untuk selalu tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi daripada jantung.
Itulah beberapa penyebab umum dari facial edema. Ginjal bermasalah, sinusitis, dan infeksi tenggorokan juga bisa menyebabkan masalah ini. (mrdk)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama