» » Kurang Vitamin D Saat Hamil Tingkatkan Risiko Anak Lahir Autisme

Saat hamil, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya adalah asupan vitamin D. Vitamin D paling mudah didapat dari sinar matahari, dan ternyata kekurangan vitamin D dihubungkan dengan risiko yang membahayakan bayi lho.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Molecular Psychiatry bulan November tahun 2016 ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko melahirkan bayi autisme.

Peneliti menganalisis kadar vitamin D pada lebih dari 4.200 sampel darah dari para ibu hamil dan anak-anak mereka di Belanda. Sampel darah diambil dua kali, pada saat ibu hamil usia 21 minggu dan ketika melahirkan. Kemudian, ketika anak-anak mereka menginjak usia 6 tahun, ibu-ibu ini diminta mengisi kuisioner untuk menentukan apakah anak mereka lekat hubungannya dengan risiko autisme atau tidak.

Setelah membandingkan kadar vitamin D pada tubuh ibu, peneliti menarik satu fakta menarik, yaitu ibu-ibu yang punya kadar vitamin D rendah dalam darah saat hamil hingga melahirkan ternyata memiliki anak yang lebih berisiko mengalami autisme.

Sebenarnya fakta ini tidak begitu mengejutkan karena beberapa penelitian yang hampir sama pun menemukan bahwa vitamin D memegang peran penting dalam perkembangan otak anak saat di dalam kandungan. Kekurangan vitamin D juga berisiko besar membuat anak mengembangkan asma dan schizophrenia.

Cara paling mudah mendapatkan asupan vitamin D adalah dengan jalan-jalan santai di pagi hari menikmati sinar matahari. Matahari siang sudah tidak baik untuk kesehatan. Jika tak bisa bangun pagi, pastikan kamu minum vitamin D ya Moms.(vml)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama