» » Laju Pertumbuhan Penduduk di Indonesia,

Pernikahan usia dini akhir-akhir ini semakin tinggi, sehingga menjadi salah satu kendala yang harus dihadapi dalam upaya pengendalian jumlah penduduk oleh Badan Koordinator Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).      

Terkait hal tersebut, Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN, Wendi Hartanto mengungkapkan, angka Pernikahan dini, kenaikannya cukup tinggi, dari asalnya 26 per 1.000 orang kini menjadi 32 per 1.000.   

Dikatakannya kenaikan pernikahan usia dini terjadi di perkotaan, sedangkan di pedesaan, justru sebaliknya mengalami penurunan, namun jika dilihat dari jumlah dipedesaan masih lebih banyak karena jumlah awalnya dua kali lipat dari perkotaan, dan persoalan itu saat ini banyak dipengaruhi oleh gadget .   

Dijelaskannya, laju pertumbuhan penduduk nasional terus naik hasil sensus terakhir pada rentang waktu 2000 - 2010 mengalami kenaikan 1,49 persen per tahun. Kenaikan itu bila dibandingkan tahun sebelumnya yaitu rentang waktu 1990 - 2000 laju pertumbuhannya sekitar 1,45 pesen.  

Selain faktor atau pengaruh gadget,yang menjadi penyebab kenaikan angka pernikahan dini itu, termasuk permasalahan di Perintahan pada masa transisi otonomi daerah diberlakukan, sehingga dampak otonomi daerah tersebut, berbeda-beda di setiap daerah, tetapi di Jabar program KB malah lebih bagus. Itu bisa dilihat dari komitmen anggaran dan kesiapan sdmnya, apalagi pusat tidak mampu menjangkau semua daerah.


Ditambahkan Wendi, saat ini BKKBN, belum memiliki angka yang pasti, terkait perkembangan penduduk terbaru, karena tidak setiap tahun dihitung dan angka pasti baru bisa diketahui 2020 nanti, tetapi dari data proyeksi BKKBN, diperkirakan ada penurunan, itu dilihat dari turunnya Tingkat Fertilite Rate mengacu pada tiga survai di antarnya susenas.
"Data tiga survai tersebut, menunjukkan ada penurunan dari 2,6 menjadi 2,3. Namun tiga survai itu berbeda, baru tahun 2017 akan tergambar dari hasil survai yang sama," tandas Wendi. (rri/re-aks)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama