» » Mulai Serbu Subang, Pekerja Asing Dikhawatirkan

Kereta Khusus Pelabuhan Di Tj. Priok (Foto : Kompas.com)

Mengenai serbuan tenaga kerja asing (TKA) ke Subang selama ini masih kondusif. Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang, 

Estutianto TKA di Subang cenderung bertambah sejalan dengan pertumbuhan indutri, khususnya industri garmen.  

Dikatakan Estutianto tempat kerja TKA di Subang didominasi di pabrik garmen dengan jumlah minimal kisaran antara 5 – 6 orang tiap pabrik.  Selain itu Estu menampik keberadaan tenaga kerja asing bisa mengancam tenaga kerja lokal. Sebab kata dia keberadaan TKA harus didampingi satu orang tenaga kerja lokal.   

Justru keberadaan TKA di Subang, kata Estu memberikan dampak positif terutama dalam hal alih teknologi. Selama 5 tahun alih teknologinya (ditangani) ke orang Indonesia.  Jumlah TKA yang terdata di Disnakertrans Kab Subang per 23 Desember 2016 sebanyak 311 orang tersebar di 45 perusahaan. Diantaranya yang melakukan perpanjangan Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) sebanyak 69 orang di 23 perusahaan. Telah memberikan pemasukan sebesar 1.097.060.700 rupiah.

Secara terpisah, menurut anggota DPRD Kab Subang, Aming Kasmin justru mengkhawatirkan keberadaan TKA dapat mengancam kesempatan kerja pada warga lokal. Dia berpendapat supaya ada pembatasan kepada TKA.

Wilayah Kabupaten Subang termasuk daerah yang menjadi sasaran masuknya pekerja asing terutama berasal dari Tiongkok dan Korea sejalan dengan pertumbuhan industri.

Hal sama dikatakan anggota DPRD Kab Subang lainnya, Endang Jamaludin yang mengaku prihatin fenomena banyaknya pekerja asing yang masuk Subang

Kata Endang masuknya TKA ke Subang perlu mendapat perhatian serius.

“Terutama persoalan izin atau legalitas keberadaan mereka di daerah kita. Karena bukan tidak mungkin jumlahnya semakin banyak di Kabupaten Subang seiring menjamurnya perusahaan asing,” ujar Endang.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama