» » PT Dahana Subang Bangun Pabrik Komponen Rudal dan Roket Pertama di Asia

PT Dahana (Persero) yang berada di kawasan Cibogo, Subang membangun pabrik Propelan seluas 5 hektare. Propelan sejenis bahan kimia yang digunakan untuk komponen pembuatan rudal dan roket.

Sesuai target, proyek pembangunan pabrik yang memproduksi diantaranya bahan baku roket dan granat itu akan tuntas tiga tahun ke depan. "Ini pertama di Asia ada di Indonesia dan di9 daerah Subang. Selain untuk memenuhi kebutuhan TNI, Propelan ini akan memasok negara-negara di Asia," kata Senior Manager Pengelola Aset PT Dahana Andri Pudigiantoro

Jika rencana inni terrealisasi, kata Andri, keberadaan Propelan ini akan menyerap devisa. Maklum saja, selama ini Indonesia mendatangkan dari luar negeri. "Bahan bakunya 60% dari Indonesia, sisanya kita ambil dri luar negeri," kata ANdri

Kompleks pabrik propelan yang dibangun di atas lahan 5 hektare itu akan mampu memproduksi hingga 800 ton per tahun. Senyawa propelan sendiri tersusun atas fuel, oksidator dan aditif. Proses pengayaan senyawa tersebut menghasilkan propelan base dengan fuel dan oksidator yang sudah terpadu dalam satu senyawa kimia, seperti nitroselulosa, nitrogliserin, dan nitroguanidin.

Pembangunan industri propelan merupakan bagian dari 7 program nasional kemandirian dalam alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digagas pemerintah pusat. Ketujuh program nasional lainya antara lain pengembangan jet tempur KFX/IFX, pembangunan kapal selam, roket nasional, pengembangan peluru kendali (balistik), radar nasional, dan pengembangan medium battle tank dalam negeri.

Sebelum pabrik propelan dibangun, PT Dahana lebih dahulu membangun pabrik NG (Nitro Gloserin) dan pabrik NC (Nitro Celullose) yang menjadi bahan utama pembuat propelan di Kawasan Energetic Material Center (EMC). (ts)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama