» » Teknik 10-Menitan Membuat Anak Suka Baca dan Mencintai Buku

Anak sering malas baca buku? Anak selalu ogah-ogahan membaca? Anak lebih suka main gadget daripada membaca buku? Hal seperti ini memang jadi tantangan tersendiri, khususnya bagi orang tua. Padahal mengajari anak untuk punya hobi baca dan cinta buku sejak usia dini itu sangatlah penting.
 
Di era yang sangat dinamis ini, segala sesuatunya berubah dan bergerak dengan cepat. Anak-anak perlu dibekali kemampuan untuk membaca dengan baik untuk bisa memahami dunianya. Selain itu, membaca juga akan membantu kemampuan komunikasinya serta perkembangan mentalnya. Sehingga nantinya diharapkan saat tumbuh dewasa, ia bisa mudah beradaptasi dengan dunia yang berubah sangat cepat.

Lalu, bagaimana cara agar anak bisa suka membaca dan mencintai buku? Kita perlu membuat mereka menyukai kegiatan membaca. Ada teknik-teknik sederhana yang bisa kita coba untuk membuat anak tertarik untuk membaca. Setiap teknik ini hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk dilakukan. Kenapa begitu singkat? Karena teknik ini gunanya sebagai pancingan untuk menggugah anak agar hasrat membacanya bisa bangkit.
  • Bacakan Cerita Pendek

    Pilih satu cerita pendek, lalu ajak anak duduk bersama. Kemudian bacakan cerita tersebut. Ikuti respon dan emosi yang diperlihatkan anak. Kalau anak bosan dengan satu cerita, bacakan cerita lain. Sesuaikan juga dengan keinginan dan yang menggugah minat anak. Semakin sering anak mendengar dan dibacakan cerita, maka ia akan semakin dekat dengan dunia membaca. Waktu yang bisa dipilih untuk kegiatan ini bisa saat bersantai di sore hari atau malam hari sebelum tidur.
  • Ajak Anak Menata Koleksi Buku di Rumah

    Anak yang terbiasa dan dibiasakan melihat buku di rumah bisa dengan sendirinya memiliki minat untuk membaca. Saat ada waktu senggang, coba ajak anak untuk mengoleksi buku di rumah 10 menit saja. Anggap saja kegiatan ini sebagai ganti kegiatan bermain. Buat seseru mungkin dan tanpa beban apalagi membentak anak. Anak merupakan peniru yang ulung. Kalau kita bisa memberi contoh yang baik dengan tindakan, maka ia bisa langsung meniru tanpa disuruh lagi.
  • Membuat Cerita dari Sebuah Gambar

    Untuk anak yang suka menggambar, kita bisa coba siasati dengan melibatkan kesukaannya tersebut. Cara sederhananya, minta anak untuk menggambar sesuatu. Kemudian, bersama-sama kita buat cerita untuk gambar tersebut. Bantu ia untuk memperbanyak kosakatanya. Kalau anak kesulitan memilih atau mencerna sebuah kata, bantu ia dengan mengartikannya menggunakan bahasa yang ringan.
  • Baca Fakta Unik dan Menarik dari Internet

    Manfaatkan kemajuan internet dan teknologi untuk membuat anak cinta membaca. Salah satunya dengan cara membaca info unik dan menarik dari internet. Pilih situs-situs yang bermanfaat. Temukan satu artikel menarik, kemudian ajak anak untuk membacanya bersama. Dengan cara ini pula, kita bisa sekaligus mengedukasi anak tentang cara menggunakan internet yang lebih positif. Sesuaikan infonya dengan usia anak. Kalau anak mulai menunjukkan rasa ingin tahunya, maka akan lebih mudah untuk mengajaknya membaca dengan lebih rutin lagi nantinya.
  • Ceritakan Hal-Hal Menarik Soal Karakter Idolanya

    Biasanya anak-anak memiliki karakter idola. Entah itu tokoh kartun atau bahkan mainan kesukaan. Coba cari info terkait idolanya tersebut di internet atau buku. Kalau menemukan infonya di internet, ada baiknya dicetak (print) terlebih dahulu. Setelah itu, luangkan waktu 10 menit untuk berbagai info tersebut dengan anak. Anak-anak pasti antusias kalau sudah diceritakan hal-hal yang menarik minatnya.
Kita bisa menyesuaikan setiap teknik sesuai kebutuhan dan karakter anak. Segala sesuatunya perlu dimulai dengan sebuah langkah kecil. Sebuah kegiatan 10 menitan ini pun bisa jadi awalan agar anak-anak bisa tertarik dengan dunia membaca dan buku.

Intinya, gugah semangat anak dan tanamkan kalau membaca itu menyenangkan. Selain tentunya memberi manfaat positif, membaca bisa membuat hati bahagia. Semoga info ini bermanfaat! (Vml-mrdk)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama