» » Warga Kaget, uang kertas rupiah baru mirip mata uang China?

Hari Bela Negara menjadi momentum peluncuran uang baru di Republik Indonesia menjadi perdebatan warga pasalnya uang rupiah dengan desain baru ini walaupun dengan tampilan yang lebih segar, dan beredar di masyarakat Indonesia
 
Tak lama setelah diluncurkan, uang baru ini ramai dibicarakan di masyarakat. Mulai dari pembahasan positif, hingga negatif.

Salah satu yang negatif adalah rupiah baru ini dituduh mirip yuan. Sampai-sampai pemerintah dituduh sebagai antek China gara-gara desain baru rupiah. Benarkah seperti itu, mari kita lihat perbandingannya dengan mata uang negara lain di bawah ini.

Salah satu yang negatif adalah rupiah baru ini dituduh mirip yuan. Sampai-sampai pemerintah dituduh sebagai antek China gara-gara desain baru rupiah. 
 Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, uang rupiah emisi 2016 yang dikeluarkan dan diedarkan kemarin didasarkan pada undang-undang nomor 7 Tahun 2011 yang menekankan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Gambar pahlawan, pemandangan dan tarian menggambarkan semangat NKRI tersebut,” kata dia seperti dilansir  detikFinance

Selain itu, peluncuran uang baru tersebut juga dilakukan bertepatan dengan Hari Bela Negara yaitu 19 Desember untuk menunjukkan semangat NKRI.
Di Kabupaten Subang Sejumlah Warga Terkejut
Di Kabupaten Subang, sejumlah warga mengaku kaget, pecahan uang kertas baru tersebut, mirip mata uang Yuan milik negara China.

“Kalau dilihat sekilas saja, uangnya mirip Yuan (mata uang kertas China), paling mencolok itu pecahan Rp100.000, warna dan desainnya mirip banget Yuan. Saya kaget juga pas lihatnya,”ujar Yuli, 55, seorang pedagang grosir di kawasan Kecamatan Subang.

Warga lainnya, Iwan, 45, menyatakan hal serupa, jika uang rupiah kertas baru tersebut, desain dan warnanya, banyak memiliki kemiripan dengan mata uang dari negeri Tiongkok.

“Awalnya iseng-iseng saja searcing di google, pengen tahu uang rupiah baru. Pas lihat, jadi heran, kok percis uang kertas Tiongkok ya,”celetuknya.

Dirinya tidak sabar ingin segera mendapatkan uang rupiah seri terbaru itu. Karena hingga kini, belum memilikinya. Pihaknya mengaku, tidak mengetahui ihwal penyebab kemiripan desain uang rupiah baru tersebut, dengan mata uang kertas dari negeri Tirai Bambu.
“Entah kebetulan atau bagaimana, enggak tahu sih,”imbuhnya.

Seperti diketahui, belum lama ini, pemerintah pusat melalui Bank Indonesia (BI), merilis uang rupiah baru, terdiri dari tujuh uang kertas masing-masing pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000; serta lima uang logam masing-masing pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200, Rp100, dan Rp50. (rri/wr)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama