» » 5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hari Pertama Masuk Kerja

Anda baru saja mendapat kesempatan untuk pindah kerja setelah bertahun-tahun di kantor yang sama. Tentu saja ada perasaan senang dan bersemangat dengan pekerjaan dan lingkungan kantor yang baru.
 
Namun, jangan salah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai hari pertama untuk membentuk kesan yang baik di mata lingkungan baru. Simak beberapa tips di bawah ini:

Usahakan datang lebih pagi
Memang terdengar konyol, tetapi percayalah bahwa ada beberapa orang yang tidak melakukan hal ini.

Dengan datang sepuluh menit lebih awal, Anda akan punya waktu untuk bersiap-siap, memperbaiki riasan, dan mempelajari keadaan sekitar. Selain itu, meluangkan waktu di pagi hari juga sangat bagus untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang tidak menentu.
Seorang pakar karir Teri Hockett mengatakan, “kalau perlu di hari sebelumnya, Anda coba lakukan perjalanan menuju kantor baru di jam yang padat, supaya bisa mengantisipasi keterlambatan, ataupun hal lain yang tidak diinginkan”.

Hindari menyebutkan pekerjaan lama Anda
Mungkin akan terasa sulit untuk tidak membandingkan pekerjaan yang baru dengan pekerjaan sebelumnya, tetapi Anda harus bisa menahan diri dalam hal ini.

Walaupun bertujuan untuk menunjukkan pengetahuan atau berbagi pengalaman, tetapi hal ini bisa berakibat negatif untuk Anda. Daripada memberikan perbandingan, sebaiknya Anda hanya menyebutkan kesamaan dan kesuksesan dari ide tersebut untuk mendukung pekerjaan yang baru.

Coba untuk sering mencatat hal yang baru Anda pelajari
Ketika Anda tiba di meja baru, ada kemungkinan alat-alat kerja yang dibutuhkan belum disiapkan di hari yang sama.

Biasakan untuk selalu membawa sendiri buku catatan kecil dan pulpen untuk menulis hal penting di hari pertama Anda bekerja. Jangan merasa malu untuk mencatat informasi yang mungkin saja akan Anda butuhkan di kemudian hari seperti nama-nama rekan kerja ataupun password komputer.

Coba bersikap positif
Ketika memulai peranan di kantor yang baru, akan ada banyak rekan baru yang diperkenalkan pada Anda. Coba berikan kesan yang baik dengan mengingat nama-nama beberapa orang penting yang nantinya akan sering berkomunikasi dengan Anda.

Lalu, ingat bahwa bersikap positif sangat penting untuk membantu Anda diterima di tempat baru. Coba tanyakan beberapa pertanyaan dan coba jawab beberapa pertanyaan dari rekan Anda tanpa terdengar menggurui dan berlebihan.

Menjauhlah dari media sosial
Tentunya Anda akan sangat bersemangat dengan kantor yang baru, seperti perasaan gugup, senang, bahkan bosan karena belum banyak yang bisa Anda kerjakan di hari pertama.

Namun, cobalah menahan diri untuk tidak mengunggah banyak hal tentang kantor baru Anda dan menghindari hal yang tidak diinginkan. (Reader's Digest)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama