» » 896.000 Yatim Piatu Akan Terima KIP

Pada tahun 2017 ini pemerintah menyasar anak yatim dan yatim-piatu untuk mendapatkan fasilitas Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penyalurannya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menggunakan basis data pokok pendidikan (Dapodik) per Desember 2016. 
 
Dalam data tersebut, diperkirakan ada sebanyak 896.000 anak yatim dan yatim-piatu yang mendapatkan KIP.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, penerima KIP adalah anak yatim dan yatim-piatu yang berada di panti asuhan dan di luar panti asuhan. Ia memastikan, penerima KIP untuk kategori anak yatim dan yatim-piatu adalah mereka yang berasal dari golongan tidak mampu.

“Anak yatim yang ternyata kaya ada banyak dan mereka tidak akan menerima KIP. Nanti kalau diberi KIP malah tersinggung,” ujar Mendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin, 9 Januari 2017.

Rencananya, pendistribusian KIP untuk anak yatim dan yatim-piatu akan dilakukan mulai Januari 2017. 

Adapun Presiden Joko Widodo telah menyerahkan KIP khusus untuk anak yatim piatu di Pekalongan, Minggu, 8 Januari 2017. Berdasarkan siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Jokowi membagikan KIP kepada 236 siswa yatim piatu dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Adapun untuk tingkat pendidikan SD diberikan bantuan sebesar Rp. 450.000/tahun, SMP sebesar Rp. 750.000/tahun, dan SMA/SMK sebesar Rp. 1 juta/tahun.*** (prlm)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama