PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » Ajukan Bantuan untuk Nelayan

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang ajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.2,5 miliar. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan nelayan dalam aktivitas menangkap ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. H. Engkus Kusdinar, Mpd mengatakan saat ini nelayan sedang resah dikarenakan faktor cuaca ekstrem, yang menyebabkan para nelayan tidak melaut. Apalagi, kata Kusdinar, nelayan yang menggunakan perahu kecil. 


Dikatakannya, saat ini pihak DKP Kabupaten Subang, di tahun 2017 ini mengusulkan DAK sebesar Rp.2,5 miliar untuk memenuhi kebutuhan para nelayan dalam beraktivitas. Bantuan ini diperuntukan nelayan yang melakukan budidaya ikan di air payau, air tawar dan nelayan laut yang menggunakan alat angkap ikan.

Dijelaskan Kusdinar, pihaknya juga mendapatkan keluhan dari para nelayan tentang alat tangkap cantrang yang sudah tidak diperbolehkan beroperasi. Dikarenakan, hal ini menjadi kendala bagi nelayan yang belum memiliki alat lain sebagai pengganti. 

“Untuk itu kita usulkan bantuan ini, agar para nelayan bisa membeli alat tangkap yang layak, kita akan ajukan di APBD, jika tidak mampu, kita akan ajukan ke Provinsi,” katanya.

Dikatakannya, sebelum bisa mengganti alat tangkap, para nelayan tentu saja tidak melaut, apalagi alat tangkap atau jarinfg yang ramah lingkungan harganya sangat mahal. Misalkan saja, untuk 1 paket jaring untuk kapal ukuran 30 Gross Tonnage (GT) harganya mencapai Rp.300 juta.

Sementara itu, Kasie Pemberdayaan Nelayan DKP Kabupaten Subang, Andriana Lesmana mengatakan pihaknya juga mendapatkan keluhan dari para nelayan di 2 dusun yaitu Lenteng dan Trumtung yang pastinya akan tergusur dengan adanya program pelabuhan Patimban. Para warga yang kebanyakan menjadi nelayan tersebut mengaku tidak akan mempersoalkan jika saja relokasi tidak terlalu jauh dari pantai.

 “Mereka minta tetap dekat dengan lokasi mencari nafkahnya, kemudian mereka juga minta didirikan tempat pelelangan ikan juga,” tutupnya.  (PE)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama