» » Lalapan Sehat Pucuk Labu

Sayuran ini tidak asing dalam kuliner Jawa, biasa dimasak menjadi hidangan Sayur Bobor, yang juga dicampur dengan potongan buah labu siamnya. Sayur ini memang bukan termasuk jenis sayuran yang populer, tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Paling nggak sebagai variasi sayuran sehari-hari.
 
Sama seperti buahnya (labu siam), pucuk labu juga bisa disajikan sebagai lalapan rebus atau sayuran untuk urap dan pecel, atau digulai dan ditumis. Bentuk pucuk daun labu siam yang unik sangat mudah dikenali berkat sulur-sulurnya yang panjang.
 
KANDUNGAN GIZI:
Pucuk labu mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Khasiat utamanya adalah mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol yang bersifat antioksidan. Buah dan daun pucuk labu siam bersifat diuretik (melancarkan keluarnya air seni) sehingga memiliki dampak terhadap penurunan tekanan darah tinggi (hipertensi).
 
TIP MASAK:
Pilih daun pucuk labu yang masih muda dan segar agar teksturnya lembut. Sebelum diolah, boleh juga merebus pucuk labu sekitar 3 menit untuk melunakkan tekstur dan menghilangkan getahnya.
 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama