» » Minuman dan Makanan Pereda Asam Lambung

Asambung yang tiba-tiba naik tentu membuat tak nyaman, selain merasa kembung, mual, terus-terusan lapar, dan perih, tingginya asam lambung juga membuat serba salah karena banyaknya pantangan makanan dan minuman yang harus dijauhi. Nah, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang in syaa Allah bisa meredakan asam lambung tinggi:
 
1. Jahe
 Jahe hangat atau wedang jahe mempunyai kandung zat aktif yang bernama senyawa fenol, minyak zingiberene, arcuurcumene, dan zat lainnya. Efek dari wedang jahe ini dapat mengurangi gejala asam yang sedang kumat atau asam lambung yang naik, dan dapat melindungi garis di lambung yang disebut dengan gastric mucosa.
Konsumsi jahe hangat sebagai minuman pengganti kafein yang justru bisa menaikkan asam lambung!
 
2. Lidah buaya
Aloe vera atau lidah buaya berkhasiat menyembuhkan luka di saluran pencernaan. Contohnya adalah mengobati sembelit, diare, penyakit GERD, atau ketika asam lambung naik. Lidah buaya juga membantu mengurangi sejumlah banyak bakteri berbahaya dari dalam tubuh serta membersihkan cacing-cacing usus. Cobalah konsumsi aloe vera 25-50 cc per hari. 
 
3. Jus Wortel
 Jus wortel mempunyai kandungan alkali alami yang dapat membantu dan menetralkan asam lambung, dan sangat cocok bagi mereka yang menderita asam lambung naik. 
 
Selain itu, kandungan serat yang tinggi berguna untuk mengatasi sembelit atau masalah pencernaan, dan kandungan vitamin A nya juga dapat mengurangi resiko kanker perut, jus wortel juga bisa melindungi perut dari virus dan bakteri serta dapat memperlicin usus, sehingga makanan yang kita makan bisa mencapai lambung dan dengan mudah dicerna.
 
4. Kunyit
Kunyit mampu membantu tubuh memperbaiki sel tubuh yang rusak seperti otak, pankreas dan lambung. Caranya parut kunyit seujung jari telunjuk lalu peras dan campur air hangat. Tambahkan gula aren untuk menambah kenikmatan.
 
5. Melon
Konsumsi melon sebelum makan sekitar setelapak tangan. Selain untuk mengurangi efek penuaan, kolagen pada melon juga mempercepat penyembuhan luka pasca penyembuhan penyakit maag.
 
6. Teh Chamomile
Teh Chamomile mengandung anti bakteri alami, anti virus dan anti jamur yang bisa menjaga kesehatan perut, serta bersifat menenangkan, dan bisa mengobati penyakit, seperti sakit perut yang meradang, radang pada usus, dan sebagai obat penenang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
Konsumsilah secangkir teh chamomile setiap pagi tanpa sarapan selama 2 bulan untuk mengatasi sakit perut dan menetralkan asam lambung yang naik.
 
Semoga bermanfaat.
 
 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama