» » » Tugu Stum di Subang Kota Akan Diganti dengan Benda Bernilai Budaya

Untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat, saat ini muncul wacana untuk mengganti sejumlah ikon Subang dengan ikon yang memiliki nilai budaya Subang. Salah satu ikon yang akan diusulkan untuk segera diganti adalah tugu Setum yang berada di depan Lemabaga Permasyarakatan (Lapas) Subang. 

Tugu tersebut menurut informasi akan diganti dengan bejana perunggu. Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dsdikbud) Kabupaten Subang Didin Mahpudin, menngatakan usulan untuk mengganti ikon itu merupakan langkah awal untuk mensosialisasi nilai-nilai budaya kepada masyarakat. 

Saat ini pihaknya tengah mengintensifkan inventarisasi data kebudayaan Subang yang nantinya akan dibuatkan peta budaya Subang dalam bentuk poster atau buku sehingga akan lebih mudah disosialisasikan baik kepada pelajar maupun masyarakat luas. Inventarisasi data kebudayaan tersebut diantaranya dilakukan dengan silaturahmi budaya ke berbagai situs budaya di Kabupaten Subang setiap minggu. 

Selain membangun iko-ikon budaya, langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan masif penerapan nilai-nilai budaya melalui berbagai cara dan media. Selain itu akan dilaksanakan pagelaran kreativitas siswa secara berkala bergiliran setiap UPTD pada hari-hari tertentu di tempat umum seperti Wisma Karya. 

Didin berharap dengan nomenklatur baru ini program-program Dikbud di Kabupaten Subang akan lebih padu dengan program pemerintah pusat yang memang sudah terlebih dahulu bernomenklatur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Satu hal yang penting dengan penggabungan ini adalah penerapan nilai-nilai budaya lokal akan lebih mudah tersosialisaikan sejak dini melalui jenjang pendidikan formal. (Ts)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama