» » 6 Cara yang Dilakukan Orangtua untuk Deteksi Leukimia pada Anak

LEUKIMIA menjadi jenis kanker yang banyak dialami anak-anak. Keganasan penyakit ini dapat terjadi saat orangtua terlambat mendeteksi dini.

Anda tak perlu ragu konsultasi ke dokter saat menemukan tanda bahwa anak mengalami penyakit yang dicurigai kanker. Salah satunya mengenali gejala leukimia, seperti yang dijelaskan oleh Ahli Kanker Anak Prof dr Djajadiman Gatot SpA(K) sebagai berikut.

Anak tampak lesu
Apabila anak tampak lesu dan berbeda dari biasanya saat beraktivitas, orangtua harus berhati-hati. Lesu yang terjadi lebih dari lima hari dan disertai gejala penyakit berat lainnya, Anda bisa segera membawa anak ke dokter.

Perut membesar dan keras
Saat mandi orangtua harus meraba-raba perut anaknya. Gejala satu ini paling sering diabaikan. Jika perutnya dipegang keras dan tampak membesar yang tak wajar, bisa jadi anak dicurigai mengalami penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Tubuhnya membiru
"Anak yang dicurigai kanker tubuhnya membengkak dan biru-biru. Cepat-cepat orangtua harus konsultasi ke dokter untuk dites," kata dr Djajadi.

Hilang nafsu makan
Anak yang terlalu lama tidak nafsu makan juga menjadi salah satu gejala yang dicurigai kanker. Karena sel kanker yang sudah menggerogoti tubuh, dapat menurunkan sistem kekebalan secara mendadak.

Demam
Ada kalanya gejala leukimia pada anak disertai demam. Hal ini terjadi saat status penyakitnya sudah infeksi. Demam tinggi di atas 38 derajat, terjadi lebih dari satu minggu. Tentu kondisinya dapat mengganggu aktivitas anak.

Penurunan berat badan
"Tiba-tiba anaknya kurus, celananya dipakai kedodoran tiba-tiba juga harus waspada. Anak mengalami penurunan berat badan yang drastis dan harus dicek ke dokter," simpul dr Djajadiman. (okez)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama