» » Anak Bertengkar dengan Teman, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Bewara GSP - MENGAJARI anak cara bersosialisasi harus dilakukan sejak dini. Sehingga dia bisa hidup dengan perilaku yang baik di lingkungannya kelak.

Ajari mereka untuk hidup berdampingan dengan orang-orang terdekatnya dengan baik. Termasuk ketika anak-anak berselisih dengan temannya sendiri.

Psikolog Anak, Anna Surti Ariani memaparkan beberapa hal yang harus diajarkan kepada anak untuk bergaul, terutama untuk anak pada usia 4 - 6 tahun.

Berikan kesempatan bermain dengan teman seusia
Berikan kesempatan pada anak untuk bisa menikmati dunianya dengan teman-teman seusianya. Biarkan mereka bermain dan mengeksplorasi kemampuan diri di luar. Karena dengan cara tersebut, anak akan mampu mengenali karakter teman-teman dan lingkungannya. 

Beri petunjuk selesaikan pertengkaran
Beri anak-anak petunjuk tentang menyelesaikan pertengkaran dengan teman-temannya. Biarkan dia melakukannya sendiri dan Anda cukup mengawasinya. Anna mengatakan, Anda tak perlu maju untuk membela anak dan menyalahkan anak lainnya. Karena ini akan memberikan mereka pelajaran bagaimana menyelesaikan masalah tanpa melibatkan orang lain.
Ajarkan etika bergaul
Anda juga perlu mengajarinya tentang etiket bergaul dengan teman-teman di sekitarnya. Ajarkan mereka untuk lebih peduli dan bisa mengamati apa yang orang lain lakukan. Ini akan membuat anak-anak lebih peka terhadap lingkungannya.(okez)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama