» » Anda seorang Pramusaji? Ini 5 Trik agar Tamu Beri Tip yang Banyak

Bewara SP - MENJADI pramusaji sebuah restoran tentu berkeinginan memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik untuk para tamunya. Buah dari pelayanan terbaik itu salah satunya adalah tamu tak sungkan untuk memberikan tip yang besar kepada pramusaji.
Meski sejumlah restoran atau bahkan negara telah mengatur aturan pemberian tip, tapi ada kalanya seorang tamu ingin memberikan tip yang lebih. 

Hal ini karena tamu merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh si pramusaji selama ia menyantap makanannya.

Lalu apakah ada cara yang bisa membuat tamu memberikan tips besar kepada pramusaji? Jika Anda pembaca kebetulan adalah seorang pramusaji di sebuah tempat makan, makan sejumlah hal ini rasanya bisa Anda lakukan.

Layani bahkan sebelum tamu duduk di kursinya
Melayani bukan sebatas ketika tamu sudah duduk di mejanya. Bahkan sebelum tamu duduk Anda sudah bisa memberikan bantuan. Seperti membukakan pintu, memberikan salam akan memberikan kesempatan Anda untuk memulai pelayanan yang baik.

Tahu nama tamu bisa menjadi awal yang penting untuk menciptakan suasana yang menyenangkan namun tetap menghormati. Ini juga bisa membuat mereka menginginkan bantuan Anda ketika mereka kembali makan di restoran lain waktu karena Anda sudah memberikan perhatian yang lebih.

Antisipasi apa yang dibutuhkan tamu
Ketika tamu memesan gorengan, misalnya seperti kentang goreng, jangan lupa juga membawa saus karena ini padanan yang tepat, jika tamu memesan makanan yang agak repot ketika disantap, bawakan juga tambahan serbet atau tisu. Jangan sampai mereka meminta, karena Anda sudah membawa apa yang mereka butuhkan sebelum diminta. Ini bisa jadi poin plus.

Jangan mengganggu terus tamu
Anda tentu ingin tamu mendapatkan yang terbaik, namun terus bertanya apa yang mereka inginkan atau butuhkan setiap Anda ke mejanya ini akan membuat mereka terganggu. Pastikan bahwa mereka mendapatkan yang dibutuhkan sebelum Anda meninggalkan mejanya atau mereka tentu akan meminta Anda jika ada sesuatu yang kurang. Cukup sekali mengecek jangan bertanya berulang-ulang.

Anda harus tahu segalanya dan bahkan bisa memberi rekomendasi
Tamu tentu akan menanyakan beberapa hal, ingin sesuatu pengganti menu atau mungkin butuk rekomendasi apa yang terbaik untuk dipesan. Jadi Anda harus benar-benar menguasai menu yang restoran Anda jual, dan yakinkan tamu bahwa apa yang dipesannya adalah bagus, atau berikan rekomendasi yang terbaik.

Ulangi lagi pesanan
Studi menemukan bahwa tips besar yang diperoleh pramusaji salah satunya karena mereka bisa mengulang pesanan dengan tepat, bukan mengarang. Tamu Anda akan berpikir Anda sudah memahami mereka. Demikian seperti dilansir dari Wikihow, Selasa (27/2/2017).

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama