» » Diharap Bisa Tanam Padi 3 Kali

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang menggelar kegiatan Pencanangan Gerakan Tanam, Panen dan Pengendalian OPT Padi di desa Cidadap Kecamatan Pagaden Barat.  

Kepala Disperta Subang Ir. Djadja Rohada Madja mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitas produksi padi di Subang yang pada musim tanam tahun lalu sekitar 1,4 juta ton, dimana peningkatan proses produksi padi salah satunya dipengaruhi oleh organisme pengganggu tanaman atau OPT.  

 Oleh karena itulah maka melalui gerakan pengendalian OPT diharapkan produksi padi di Subang tetap terjaga bahkan bisa meningkat. Djaja menghimbau agar PPL yang ada di desa dan petugas pengamatan OPT bisa bersinergi sehingga perkembagan padi dari mulai tanam hingga panen berjalan lancar serta gangguan organisme tanaman lebih terkendalikan. 

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Ir. Hendi Jatnika menyampaikan untuk pencapian produktifitas padi yang baik ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbaikan jaringan pengairan dapat diatur sebaik mungkin sehingga dapat menanam padi tiga kali dalam satu tahun serta perlu pula digalakan adanya gerakan-gerakan pengendalian OPT, seperti gropyokan tikus dan penyemprotan hama secara bersamaan. 

Dalam kesempatan itupun Plt. Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih mengatakan sebagian lahan sawah di Subang yang luasnya sekitar 17 ha hanya bisa ditanam 1 kali dalam satu tahun, karena bergantung dari curah hujan.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama