» » Gatot Dewa Broto: Berita Hoax Jangan Dilawan

Mantan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot Sulistiantoro Dewa Broto mengatakan berita bohong atau hoax, bukan merupakan fenomena yang terjadi saat ini saja. Namun harus diakui, berita hoax saat ini lebih dahsyat.

Oleh sebab itu, menjadi kewajiban bagi institusi atau individu untuk menjawab dan menangkis berita hoax. Gatot berbagi pengalaman untuk menghadapi berita hoax atau bully-an di media sosial.

“Kami punya pengalaman ya. Misal serangan atau membully kami, atau pribadi. Cepat saya merespon meskipun saya melelahkan. Mulai case bonek mau diakui oleh PSSI atau tidak. Kemudian sebelum laga kick off Piala Presiden ada gambar elang tetapi saya menyebut garuda. Saya langsung di bully. Langsung saya mohon maaf. Dan dengan bahasa halus, saya menjawab satu persatu,” kata Gatot,
Kamis (9/2/2017).

Tindakan Gatot menjawab satu persatu yang membully, justru menuai simpati. Nitizen menyebut tindakan Gatot tidak lazim dilakukan oleh pejabat. Tidak lazim yang dimaksud adalah positif. Intinya, kata Gatot, untuk menghadapi berita hoax, jangan dilawan.

“Sampai muncul komentar ‘Ih aneh dan unik  baru kali ini ada pejabat negara menjawab satu-satu. Akhirnya muncul simpati. Poinnya adalah dengan bahasa halus. Saya kasih advice kepada siapapun yang kena hoax atau dibully, jangan melawan. Jangan sekali-kali melawan. Lakukan dengan cara halus”.

Selanjutnya, penyelesian informasi hoax adalah dilakukan pendekatan secara personal. Menangkis informasi hoax di media sosial, tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah.

“Respon untuk menyelesaikan di media, bukan menyelesaikan secara total. Seberapa pun cyber volunteer, pasukan yang dihadirkan, yang penting pendekatan secara fisik. Misal saya tidak hanya meminta maaf tetapi mendatangi satu persatu ke suporter, ke Arema, ke Bonek. Kalau hanya bermain di cyber, tidak akan selesai,” tegasnya. (R2I - Sgd/AA)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama