» » Ini Cara Mengajarkan Anak Usia 3-5 Tahun Tentang Uang

Salah satu hal yang harus diajarkan oleh orangtua pada anak adalah cara mengatur keuangan. Tampak jadi topik yang berat untuk diajarkan? Mungkin. Tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan masalah penting ini, karena bagaimana pun skill mengatur keuangan akan dibutuhkannya saat dewasa nanti.
 
Beth Kobliner, penulis buku bestseller Get a Financial Life, sekaligus member President’s Advisory Council on Financial Capability mengatakan dalam Forbes.com bahwa " anak kecil mulai usia 3 tahun sudah bisa diajarkan konsep menabung dan menggunakan uang."

Penelitian dari University of Cambridge commissioned by the United Kingdom’s Money Advice Service juga menyebutkan bahwa kebiasaan anak mengenal dan menggunakan uang sudah terbentuk sejak usia 7 tahun. 

Itulah mengapa Beth Kobliner mengatakan, semakin dini anak dikenalkan dan diajarkan tentang uang, semakin baik.

Untuk anak usia 3-5 tahun, ini yang bisa orangtua lakukan.
  • Kamu harus menunggu untuk bisa membeli apa yang kamu inginkan

    Anak usia ini harus tahu bahwa tidak semua yang mereka ingin langsung mereka dapat. Mereka harus tahu bahwa harus mengumpulkan dan menabung uang lebih dulu sebelum bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Misalnya saat pergi ke supermarket, katakan padanya "Kita ke sini untuk membeli A, kita tidak akan beli apa pun untukmu karena kita tidak ke sini untuk itu." Dengan mengatakan hal yang jelas dan mudah dimengerti, ia akan paham dengan sendirinya.
  • Beri latihan

    Secara sederhana, berikan kotak dengan label "Tabungan", kenalkan anak dengan konsep menabung. Ketika anak ulang tahun, selesai mengerjakan pekerjaan rumah atau berbuat baik lainnya, beri ia uang koin untuk menghargai pekerjaannya. Jika ia menginginkan sesuatu dan harganya mahal, anak bisa menabung uang mereka agar bisa membeli barang tersebut. dari sini pula, mereka akan belajar menghargai uang.
Perlahan saja Moms, kamu bisa mengenalkan uang dengan cara yang santai. Tak harus dengan penjelasan panjang lebar dan membingungkan. Beri contoh yang sangat sederhana yang sering anak temui di sekolah atau lingkungan sekitarnya ya.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama