» » Ini Tips Mencuci Sayuran agar Kandungan Nutrisinya Tidak Hilang


Bewara GSP - MEMBUAT green smoothies yang sehat ternyata tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar kandungan nutrisi dan vitamin pada sayur dan buah-buahan tidak hilang. Dalam hal ini, teknik pencucian lah yang sangat penting.


Dikutip dari buku Green Smoothies: Super Healthy & Healing Drink, karya Nectaria Ayu, berikut cara mencuci sayuran yang benar untuk membuat green smothies lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba!


1. Sediakan wadah berukuran besar khusus untuk mencuci sayuran atau buah. Jangan menggunakan wadah tersebut untuk mencuci daging mentah. Ini juga berlaku untuk talenan dan pisau yang digunakan. Pastikan hanya dipakai untuk memotong sayur dan buah.


2. Cucilah sayuran organik atau buah-buahan di bawah air mengalir sampai kotoran-kotoran yang menempel hilang. Bilas sebanyak 2 kali.


3. Bilas sayuran menggunakan air mineral atau air matang yang sudah diberi air perasan jeruk nipis atau cuka apel. Perbandingannya adalah, satu buah jeruk nipis untuk satu wadah berukuran besar (baskom). Hindarilah mencuci sayuran dengan sabut berbahan kimia.


4. Untuk biji-bijian, rendamlah di dalam air mineral selama satu malam. Setelah itu, bilas sebanyak dua kali hingga airnya bersih. Hal ini bertujuan agar enzyme inhibitor yang melapisi biji-bijian atau kacang-kacangan menjadi netral sehingga nutrisi yang terserap tubuh lebih maksimal.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama