» » Menteri Basuki Tinjau Perbaikan Jalan Pantura Cikampek-Losari

Bewara GSP - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memerintahkan dalam waktu 2 minggu kedepan, jalan rusak sepanjang jalur utama Pantura Jawa Barat dari Cikampek sampai Losari telah diperbaiki. 

Perbaikan jalan dilakukan dua tahap yakni perbaikan bersifat sementara dan dilanjutkan dengan perbaikan permanen. Perbaikan sementara dilakukan mencegah jumlah lubang bertambah dan lubang membesar yang membahayakan pengguna jalan. 

Untuk perbaikan permanen dilakukan saat cuaca cerah/kondusif dengan penghamparan aspal dalam jumlah lebih besar. 

"Dalam waktu dekat kita perbaiki dengan menutup lubang, sambil menunggu proses lelang selesai untuk perbaikan menyeluruh,dari Cikampek sampai Losari, kurang lebih 120 km," ujar Menteri Basuki saat meninjau penanganan kerusakan jalan di jalur Pantura. 

Terkait kendala cuaca yakni hujan deras yang kerap terjadi belakangan, Menteri Basuki meminta kepada para pelaksana yang bertanggung jawab atas pemeliharaan Jalan Pantura untuk membuat perencanaan yang lebih baik. 

"Dibuat rencana kerja berdasarkan tren hujan yang sering terjadi, karena hujan tidak sepanjang hari, begitu berhenti hujannya laksanakan pekerjaannya," tegasnya. 

Menteri Basuki juga meminta kepada semua Satker di daerah untuk tidak segan menyampaikan permohonan bantuan kepada pimpinan,  jika menemui kendala yang sulit dihadapi. 

"Jangan sampai karena ada kendala, tidak disampaikan hingga timbul kerusakan seperti ini. Jaga kredibilitas kita dalam membangun dan merawat infrastruktur," ujarnya. 

Sebelumnya Menteri Basuki menyatakan telah memerintahkan seluruh Kepala BBPJN,  maupun Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) untuk segera melakukan penanganan darurat kerusakan jalan dan jembatan pada ruas jalan Nasional dalam rangka menjaga pelayanan publik.

“Kita akan percepat perbaikannya. Minggu ini,  saya instruksikan semua personil di Balai-Balai Jalan sudah turun ke lapangan untuk menangani perbaikan jalan diseluruh Indonesia. Prioritas utama untuk Pantura Jawa, Wangon, Pasuruan dan Gresik, harus segera diperbaiki.

Untuk kerusakan jalan di Gresik terjadi karena ada perubahan tata ruang yang sebelumnya adalah daerah rawa yang menjadi industri dan adanya batubara,  melintas truk-truk bermuatan besar”, kata Menteri Basuki, Rabu (15/2/2017). (rri)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama