» » Petani Dibagi Pestisida Gratis Antisipasi Serangan Hama

Untuk mengantisipasi serangan hama wereng coklat di persawahan Kelurahan Sukamelang Subang, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan membagikan pestisida gratis kepada para petani.

Menurut Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Jejen Jaeni sasarannya ialah diprioritaskan pada tanaman padi yang baru tanam. Kata Jejen serangan wereng coklat selama ini sangat merugikan petani karena hasil produksinya menurun rata-rata 70%.

“Bahkan (di beberapa areal) bisa mencapai 100% alias gagal panen total petani tidak mendapat apa-apa,” ujarnya saat ditemui di areal persawahan di Sukamelang Subang, Selasa (14/2).

Kemudian kata Jejen areal di Sukamelang ini ada sekitar 200 hektar. Potensi produksinya cukup bagus dengan hasil 5 – 6 to per hektar. Pihaknya telah memeriksa kondisi tanaman padi ternyata sudah ada bibit/larva wereng.

“Kalau tidak terkendali dari sekarang bisa parah (hasil) panennya,” kataya lagi. Tiap petani mendapatkan jatah pestisida sesuai luasan sawahnya dengan perhitungan satu liter untuk satu hektar.

Upaya pengendalian hama wereng coklat dilakukan secara bersama-sama dengan babinsa TNI dengan PPL.

Kata Surli, salah seorang petani yang ikut mendapat bagian pestisida gratis mengeluhkan serangan hama yang sangat memprihatinkan. Selain hama wereng, hama tikus dan lembing batu juga menjadi hama yang ganas menghancurkan hasil sawahnya.

“Untuk menghantam (hama) lembing kami harus membeli pembasmi seharga 80 ribu (rupiah) seliter untuk satu hektar,” katanya.

Kemudian, kata Surli seranga hama tikus pun makin banyak setelah adanya jalan tol Cipali. Ada lubang-lubang besar yang menjadi jalannya.

“Padahal sebelum ada jalan tol (Cipali) gak ada serangan tikus. Tapi sejak ada Jalan tol itu muncul serangan tikus,” katanya.(wk/strya)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama