» » Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang

Puluhan rumah warga di Dusun Lamaran Desa Jatireja, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, rusak diterjang angin puting beliung. Setelah kejadian, warga bersama aparat pemerintah setempat gotong royong melakukan perbaikan rumah warga yang rusak.
 
Informasi yang diperoleh, Senin 13 Februari 2017, pada saat kejadian warga dibuat kaget, awalnya mendengar suara bergemuruh. Kemudian tak lama, angin kencang datang. Genting rumah warga beterbangan, dan sejumlah pohon tumbang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang, Hidayat, didampingi Kasi Tanggap Darurat Bencana Bidang Penanggulangan, Darmono, memaparkan data yang diterimanya yakni rumah yang rusak sebanyak 24 unit. Tingkat kerusakannya bervariasi, yaitu 11 rumah rusak berat, 9 rusak sedang, dan 4 ringan. 

Daerah yang terkena dampak, yaitu RT 01 RW 06, dan RT 02 RW 05. Beberapa rumah ada yang tertimpa pohon, genting beterbangan dan kerusakan lainnya. Beruntung, tak ada korban jiwa.

Dikatakan Hidayat, melihat perkembangan cuaca akhir-akhir apalagi tiga hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi, perlu ada upaya antisipasi. "Kami terus melakukan koordinasi dengan satlak kecamatan, upaya meningkatkan kewaspadaan. Jadi apabila ada kejadian bisa cepat ditangani. Kami juga terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat," ujarnya.

Dijelaskan Hidayat, peran masyarakat sangat penting, seperti antisipasi banjir dengan membersihkan sampah di selokan dan sungai. Saat ini situasi masih terkendali, tingkatannya masih wajar dan normal. Namun wilayah Kabupaten Subang rawan ancaman bencana banjir, longsor dan angin, sehingga harus tetap waspada. 

"Mudah-mudahan cuaca membaik sehingga tak ada kejadian. Antisipasi paling efektif yaitu peran aktif masyarakat menjaga lingkungan sekitar," katanya.***

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama