» » Subang Belum Punya Pasar Ikan Air Tawar

Bewara GSP - Untuk meningkatkan pemasaran produk perikanan air tawar di Kabupaten Subang sudah waktunya keberadaan Pasar Ikan Air Tawar. 

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, HE Kusdinar hampir 70% pasar benih ikan air tawar Subang telah menguasai pasar. Tiap bulan bisa sampai puluhan ton masuk pasar di jaring apung. 

 Namun sayangnya, kata Kusdinar ketika panen harga di sana murah dan itu merusak harga pasar ikan Subang jadi jatuh.  Namun untuk soal kualitas ikan Subang masih lebih baik. 

Dari dari rasa maupun kondisi hasil olahannya, ikan produk Subang masih lebih baik. Oleh karena itu sudah saatnya Subang memerlukan Pasar Ikan Air Tawar. 

Dengan keberadaan Pasar Ikan Air Tawar menjadi salah satu solusi pemasaran ikan air tawar menjadi lebih bagus. Sedangkan pemasaran ikan laut sudah ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI). 

Selain itu Kusdinar menyebutkan sebelumnya pernah ada penawaran dari pemerintah pusat untuk membangun pasar ikan air tawar di Subang senilai Rp 5 miliar. Sayangnya waktu pihak pemerintah terdapat beberapa kendala diantaranya penyediaan lahan. Kemudian pihaknya berupaya bersama para Kepala Bidang mendatangi balai-balai penelitian ikan air tawar. 

Khususnya ikan-ikan yang memiliki potensi bagus untuk berkolaborasi menciptakan pasar ikan yang potensial.  Seperti ikan lele dan patin hingga kini masih belum stabil padahal kalau dikelola bisa menghasilkan nilai yang cukup bagus.    

Selanjutnya membangun komunikasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) untuk menyandingkan berbagai program Kabupaten Subang yang bisa disandingkan dengan KKP.(Netral)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama