» » Belum Berijin, 3 Toko Modern Ditutup Pol PP

Bewara GSP - Karena belum melengkapi ijin, 3 toko modern di wilayah Kabupaten Subang ditutup sementara oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama aparat gabungan. 2 toko modern diantaranya di Kecamatan Pamanukan dan Kecamatan Subang masih dalam proses pembangunan. Sedangkan yang di Kecamatan Pagaden telah buka kurang dari satu bulan.

Dikatakan Kepala Satpol PP Kab Subang, Yosep Pramastony melalui Kepala Bidang (Kabid) Penegakkan Perundang-Undangan, Dede Rosmayadi, tindakan ini dilakukan sebagai penegakkan hukum yang sebelumnya telah 3 kali dilayangkan teguran secara tertulis.

Penutupan ini melibatkan sebanyak 275 personil yang terdiri dari Polres, Kodim dan Dinas Perhubungan Kabupaten Subang. Kata Dede pelanggarannya ialah belum memiliki ijin mendirikan bangunan, SIUP, HO (ijin Gangguan) dan Ijin Usaha Toko Modern (IUTM) sebagaimana yang diatur Perda No. 6 tahun 2016.

Dede Meminta agar supaya perijinan dipenuhi dulu oleh pengusaha. “Bila sudah beres silahkan datang ke kantor kita (Satpol PP) jika ijin sudah lengkap semua akan kirta buka. Silahkan beroperasional,” imbuhnya.

Diapresiasi Baik Warga

Mengenai penutupan toko modern yang tidak berijin diapresiasi baik. Salah satunya oleh Linda, warga Kelurahan Dangdeur yang menyatakan sangat setuju. Karena menurutnya keberadaan toko modern mengganggu keberadaan pedagang kecil yang merupakan pelaku ekonomi rakyat kecil.

Malah bila toko modern ditutup semua pun bagi dia tidak terlalu berpengaruh. Karena keluarganya sudah sejak lama mengurangi belanja di toko modern dengan mengutamakan belanja ke pasar tradisional.

Oleh sebab itu dia mengapresiasi pemerintah yang membuat nyaman pasar tradisional dengan tetap mempertahankan kebiasaan di dalamnya. Linda mengaku senang dengan tradisi tawar-menawar yang biasa terjadi di Pasar tradisional. Sehingga bisa mendapatkan barang lebih banyak dibandingkan bila belanja ke toko modern.

“Macamnya juga sudah mulai lengkap, kok (di pasar tradisional). Kualitasnya pun bagus,” katanya lagi.(wk)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama