» » » Di Subang Ada Air Terjun Berwarna Biru Seperti di Inggris

Bewara GSP - Dalam setting sebuah Film Hollywood berjudul Savages yang mengambil lokasi shooting di Pulau Moyo, Lombok terdapat sebuah adegan dimana pemerannya berenang di sebuah danau unik berair hijau tosca di bawah sebuah air terjun. Siapa sangka, keunikan tersebut juga ternyata dimiliki sebuah air terjun kecil di Subang. 

Curug Koleangkak namanya. Curug di desa Nagrak, Kecamatan Ciater ini memiliki danau kecil yang memantulkan warna biru tosca dibawah curugan airnya.
 
Irfan, Ketua Karang Taruna Desa bersama warga desa Nagrak, kini tengah berupaya menjadikan curug mungil ini menjadi salah satu objek wisata di daerahnya dengan melakukan sedikit penataan. 

Selain curug Koleangkak, di aliran sungai yang sama sebenarnya juga terdapat beberapa curug lainnya. Salah satunya curug Cisaladah. Namun untuk tahap awal baru curug Koleangkak yang tengah diupayakan menjadi obyek wisata.

Karena keunikannya, curug ini menjadi viral di instagram. Banyak muda-mudi yang sengaja datang untuk berselfie ria untuk kemudian dipamerkan di akun instagram mereka.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab warna airnya berwarna biru toska. Namun salah satu kemungkinan penyebabnya adalah  dari batuan yang menyusun dasar sungainya yang tampak berwarna putih seperti batuan kapur. 

Fenomena seperti ini dapat juga ditemui di pulau Bintan, dimana danau-danau yang tercipta dari lubang bekas galian tambang yang dikelilingi batuan kapur juga berwaran biru. Hal serupa juga terdapat di Inggris, sebuah danau yang dikelilingi oleh batuan kapur di dekat Kota Buxton, Inggris juga memiliki warna biru toska, karenanya danau tersebut dinamakan Blue Lagoon.

Air dari aliran sungai ini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, sehingga tidak ada ikan yang hidup di dalamnya. Jadi, jika berkunjung ke sini tidak disarankan untuk berenang. Nikmati saja keindahannya sambil diabadikan melalui lensa kamera.

Menuju curug Koleangkak, arahkan kendaraan Anda dari parkiran SariAter menuju desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Curug ini terletak tak jauh dari jalan desa Nagrak.(ks)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama