» » KPU Tentukan Syarat Calon Perseorangan

Bewara GSP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang menyatakan, calon perseorangan (independent) dapat mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan calon wakil bupati jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih. 

Komisioner KPU Kabupaten Subang, Suryamana mengatakan, tak hanya memiliki hak pilih, warga yang menyatakan dukungan bagi calon perseorangan harus termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum atau pilkada sebelumnya. 

Ketentuannya, kata Suryaman, kabupaten atau kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada DPT lebih dari 1 juta jiwa, harus didukung paling sedikit 6,5 persen. Sementara itu jumlah dukungan dimaksud harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten/kota dimaksud. “Hal tersebut dikuatkan pula hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 29 September 2015,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Poleng tersebut.
 
Masih menurut Suryaman, DPT Kabupaten Subang pada Pilpres 2014 lalu berjumlah 1.160.075 jiwa. Artinya, bagi pasangan bakal calon yang ingin mengajukan diri maju dalam bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang pada tahun 2018 melalui jalur perseorangan, harus memiliki sekurang-kurangnya sekitar 6,5 persen dukungan atau sekitar 75.405 jiwa. 

“Dukungan tersebut dibuat dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan fotokopi e-KTP atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” tandasnya.

Selain tercantum dalam DPT pemilihan umum sebelumnya, dukungan itu hanya diberikan kepada 1 pasangan calon perseorangan.  
 
Dijelaskan Suryaman, berdasarkan PKPU No. 9 tahun 2016, penyerahan dokumen dukungan dilakukan sesuai dengan jadwal dalam PKPU tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama