» » Pengentasan Kemiskinan Menjadi Tantangan Terbesar Program KB

Bewara GSP - Program Keluarga Berencana (KB) yang terus dikampanyekan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), tidak semata untuk mengendalikan angka kelahiran bayi namun juga pengentasan kemiskinan. Pengentasan kemiskinan menjadi tantangan terbesar untuk program KB.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty mengatakan pengentasan kemiskinan bukan hanya tugas dari BKKBN dengan menekan angka kelahiran namun juga tugas lintas sektoral, tugas unsur pemerintah pusat dan daerah dan stakeholder lainnya. Salah satu program unggulan di BKKBN adalah Kampung KB.

"Justru pengentasan kemiskinan harus lintas sektoral. Misal Kampung KB, kriterianya kan daerah miskin, banyak anak, lingkungan kumuh. Mari kita laksanakan Kampung KB dengan intervensi secara sektoral. Yang diajak jangan hanya pemerintah saja tapi juga masyarakatnya diajak. Masyarakatnya harus disadarkan," kata Surya Chandra disela-sela 'Sosialisasi dan Konsultasi Pelaksanaan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Keluarga Berencana' di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (14/3/2017).

Melalui pendekatan Kampung KB, yang disasar adalah masyarakat langsung. Melalui intervensi program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),  akan disertai dengan program lintas sektor lain seperti pendidikan, perumahan rakyat, kelautan bagi masyarakat yang bermukim di pesisir.

Kampung KB dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal 2016. Presiden meresmikan Kampung KB di Dusun Jenawi, Desa Martasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Berdasarkan laporan pelaksanaan program dan kegiatan di Kampung KB pada triwulan IV Tahun 2016, hingga Januari 2017, Kampung KB telah dicanangkan di 487 dari 514 kabupaten dan kota atau 95 persen di seluruh Indonesia.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta Budi Yulistianto  mengatakan tantangan untuk program KB semakin berkembang.

"Tantangan KB semakin berkembang. Juga terdapat isu lain yaitu mengentaskan kemiskinan. Kita berharap KB bisa mengembalikan masyarakat dari garis kemiskinan," ujar Budi. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama