» » Subang Minim Dokter Gigi

Bewara GSP - Jumlah dokter gigi di Kabupaten Subang terbilang masih minim. Tercatat baru 32 orang dokter gigi yang saat ini aktif melakukan pelayanan. Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Subang, drg Agus Sopyan SpBM mengatakan, perlu ada upaya penambahan dokter gigi di Subang. 

Alasannya, jumlah yang ada saat ini dianggap belum ideal. Ia menggunakan pendekatan dengan jumlah puskesmas yang ada untuk melihat kebutuhan ideal. Yakni idealnya satu puskesmas satu orang dokter gigi.

“Menurut data terakhir yang saya punya dari 44 puskesmas di Subang, baru ada 24 puskesmas yang ada dokter giginya,” 

drg Agus Sopyan mengatakan,  untuk menambah dokter gigi harus ada perhatian dari Pemkab Subang. Pemkab perlu memberikan solusi minimnya jumlah dokter gigi.
PDGI Subang menganggap pentingnya menambah jumlah dokter gigi. Selain untuk memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat juga turut mensosialisasikan kesehatan mulut dan gigi.
 
Persoalannya ialah indeks karies gigi masih tinggi. Karies ialah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Indeks karies gigi adalah angka yang menunjukkan jumlah karies gigi seseorang atau sekelmpok orang.

Kehadiran dokter gigi, kata dia, harus mampu menurunkan angka tersebut. Itu artinya mengajak masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama