» » 7 Tips Mengusir Kutu Beras, Masak Nasi Pun Tenang

Bewara GSP - Memang menyebalkan saat melihat beras yang putih dan bersih dikotori oleh kutu beras yang hitam di mana-mana. Tapi jangan keburu putus asa. Ada banyak tips yang bisa kamu coba untuk mengusir kutu beras ini. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Jemur Beras di Tempat Panas
Ini cara yang paling sederhana. Kita bisa menaruh beras di tampah atau wadah pipih, lalu jemur di bawah terik matahari. Kutu beras bisa dengan sendirinya keluar dan meninggalkan beras yang "dihuninya".

2. Tutup Pakai Lap atau Kain Basah
Hamparkan beras di tampah, tutupi dengan lap atau kain yang sudah dibasahi dan biarkan beberapa menit. Nantinya, kutu bisa menempel ke kain tersebut. Kutu beras ini menyukai daerah yang sejuk dan lembap.

3. Pakai Kulit Kayu Manis
Aroma khas kayu manis bisa mengusir kutu beras. Cukup ambil beberapa bagian atau cuilan kulit kayu manis lalu masukkan di tempat penyimpanan beras.

4. Pakai Bawang Putih
Cara yang satu ini mungkin agak berisiko karena bisa mengubah rasa dan tekstur beras. Tapi layak dicoba. Caranya tinggal siapkan irisan bawang putih lalu tempatkan di permukaan beras yang sudah dihamparkan di tampah.

5. Pakai Daun Jeruk Purut
Hampir sama dengan bawang putih, aroma daun jeruk purut bisa mengusir kutu beras. Caranya, tumbuk daun limau lalu taburkan di beras. Kita cuma butuh sekitar 50 gram daun jeruk purut untuk 10 kg beras.

6. Pakai Cabai Kering
Punya cabai kering? Bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Cukup taburkan cabai kering di atas permukaan beras, nanti kutu akan keluar perlahan dari tempat penyimpan beras.

7. Pakai Daun Pandan atau Daun Salam
Aroma kuat daun pandan dan daun salam juga bisa mengusir kutu beras. Keringkan dulu daun pandan atau daun salam lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.
 
 Ada banyak tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kutu beras. Memang sedikit butuh kesabaran untuk bisa mengusir kutu beras yang mengganggu. Semoga tipsnya bermanfaat, ya biar masak nasi nggak bisa lebih tenang.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama