» » Bagaimana Cara Menyimpan Barang Tak Terpakai di Rumah Agar Tertata Rapi?

Tips GSP - Bagaimana menata rumah yang lebih baik melalui beragam tempat penyimpanan? Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia, mengatakan sangat penting menata barang-barang dengan baik dan rapi. Rumah pun menjadi lebih nyaman sehingga bisa memulai hari yang lebih produktif dan menyenangkan. 

Namun, ada satu kesalahan yang banyak dilakukan orang yakni menyimpan barang yang akhirnya bertumpuk selama bertahun-tahun, sehingga membuat rumah malah menjadi tidak rapi.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

1. Pilih dan pilah barang-barang dengan dikategorikan sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran. 

2. Kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi. Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai. Pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak-pernik yang kecil.
Sedangkan barang-barang yang tidak dipakai lagi, dapat dialihkan dengan cara didonasikan, dijual sebagai barang second hand, atau didaur ulang.

3. Simpanlah barang kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dilihat. Atau tempat penyimpanan barang yang transparan. 

4. Untuk menyimpan koleksi favorit atau kebutuhan sehari-hari, dapat ditempatkan di dalam lemari kaca, lemari terbuka dalam bentuk rak atau tertutup, rak buku maupun lemari pakaian yang disesuaikan dengan gaya rumah Anda.

5. Anda dapat menyimpan barang-barang yang tidak ingin terlihat di dalam laci. Lalu, letakkan barang pajangan diatasnya, seperti foto berbingkai, majalah kesayangan, vas bunga. Tentu saja disesuaikan dengan kegiatan atau fungsi dalam ruangan tersebut. 

6. Untuk mainan anak-anak, masukkan ke dalam tempat penyimpanan khusus untuk anak-anak yang aman dan terbuat dari plastik, sehingga mudah dibuka dan ditutup.


7. Adapun untuk barang-barang yang jarang digunakan, pastikan sudah dipilah sesuai kategori, dan dapat diletakkan di dalam kotak penyimpanan dengan bentuk penutup yang mudah untuk ditumpuk. Sebaiknya ukuran kotak penyimpanan sama agar mudah ditumpuk sehingga terlihat rapi.

8. Dinding ternyata bisa digunakan sebagai tempat menyimpang barang. Pasang rak-rak pada dinding sebagai salah satu solusi untuk mengubah dinding kosong menjadi area penyimpanan yang efektif. Sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah yang cukup bergaya tanpa harus menghabiskan ruang untuk beraktivitas.

9. Mulailah dari hal kecil, dan lakukan sedikit demi sedikit, secara bertahap dimulai dari satu ruangan ke ruangan berikutnya. Jadikan kebiasaan mengembalikan barang-barang pada tempatnya ke dalam tempat penyimpanan. Lambat laun, seluruh ruangan di rumah akan terus tertata rapi.

10. Jangan lupa ajak kegiatan menata barang dan membersihkan rumah ini bersama seluruh anggota keluarga dan dapat menjadi kegiatan akhir pekan yang seru. (nova)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama