» » Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Campoleh Khas Tanah Sunda

Tips GSP -SAWO walanda, buah langka penuh manfaat kesehatan yang biasanya dijumpai di beberapa daerah Jawa Barat. Orang Sunda sering menyebut buah asal Meksiko dan Kuba ini sebagai Campoleh.


Nama lain dari buah ini adalah alkesa atau sawo mentega. Sedangkan nama latinnya adalah Pouteria campechiana. Terlepas dari berbagai namanya, buah ini mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat sehat buah campoleh khas Sunda yang dilansir dari Medscoopdaily:

Sawo walanda salah satu superfood
Ketika membicarakan gizi, sawo walanda sarat dengan berbagai nutrisi, sehingga dianggap superfood. Buah ini dikemas sekira 50 persen lebih banyak pemberi energi instan daripada pisang, dan hampair sebanyak protein alpukat.  Sawo walanda kaya karotein, vitamin B dan mineral penting. Selain itu, buah ini juga rendah lemak yang menyediakan tinggi protein dan serat.

Kaya beta karoten
Sama seperti buah-buahan berwarna kuning-oranye lainnya, sawo walanda atau canistel kaya akan provitamin A karotenoid. Karotenoid ini diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
Buah ini mengandung sekira 30 mg beta karoten dalam 100g buah yang bermanfaat bagi penglihatan. Karena itu, sawo walanda efektif untuk pengobatan mata kering dan berperan penting menurunkan risiko katarak, serta degenerasi makula terkait usia.

Tinggi mineral
Buah ini mengandung 25 mg kalsium dan sekira 40 mg fosfor yang bisa menjadi pengobatan alami arthritis. Buah yang juga dikenal sebagai sawo belanda ini dapat membantu penguatan tulang pada anak-anak, orangtua dan mereka yang mengalami masalah tulang.

Sempurna untuk kesehatan pencernaan
Sawo walanda merupakan sumber serat dari makanan, sehingga mempromosikan kesehatan pencernaan. Serat juga membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Sawo walanda merupakan sumber vitamin C atau asam askorbat dengan sekira 60-100 mg. Buah ini dikenal bisa meningkatkan kekebalan, sehingga mengobati flu, batuk, pneumonia, dan infeksi paru-paru lainnya.

Memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba
Sawo walanda mengandung asam amino, lisin, triptofan dan metionin, serta flavonoid yang memiliki anti-tumor, anti-inflamasi, anti-HIV dan efek anti-mikroba.

Selain itu, sawo walanda dikenal sebagai obat alami untuk membersihkan infeksi bakteri dan jamur dalam tubuh. Tapi, Anda harus mengonsumsi buah ini secara teratur.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama