» » Mengapa Kita Sebaiknya Tidak Mengantongi Dompet di Saku Belakang?

Tips GSP -Hampir setiap pria memiliki dompet. Banyak di antaranya bahkan memiliki sejak masih SMA. 

Dan karena kebiasaan, selama bertahun-tahun kita mengantongi dompet kita di saku belakang. Baik saat kita menyupir, naik motor, duduk di kereta, di kantor, dompet itu berada di tempat yang sama.

Seringkali pula kita membiarkan dompet kita menjadi tebal. Bukan karena uang kita banyak, namun karena kita memasukkan apa saja ke dalamnya, mulai dari kartu ATM, kartu kredit, kartu nama, uang receh, bahkan bon-bon belanja. 

Dan di situlah masalah bermula: Dompet tebal di saku belakang lama-lama akan menimbulkan ketidakseimbangan otot dan iritasi di pinggang dan tulang belakang.

Bagaimana hal itu terjadi? Begini urutannya: Dompet tebal membuat tubuh kita miring saat duduk, sehingga tulang panggul terangkat sebelah dan tulang belakang bagian bawah beserta bantalannya akan ikut miring. 

Agar mata kita tetap horisontal, tulang punggung akan bereaksi dengan miring ke arah sebaliknya.

Kemiringan tulang belakang itu akan membuat otot-otot di sekitarnya (otot perut, pinggang) ikut miring. Dan bila itu terjadi dalam jangka panjang dan terus menerus, otot-otot akan menjadi lemah karena satu sisi memendek dan sisi lain memanjang.

Pada kondisi tertentu, bantalan tulang belakang juga tergerus dan mengakibatkan desakan pada saraf, sehingga memunculkan sakit pinggang atau low back pain. Rasa sakit yang ditimbulkan itu biasanya menjalar dari punggung hingga kaki.

Tentu kita tidak membayangkan bahwa dompet tebal kita juga menjadi penyebab mengapa kita tidak cukup kuat melakukan squat, tidak mampu lari cepat, serta membuat otot betis, paha, dan bokong menjadi lemah.

Untuk menghindari masalah tersebut, inilah yang harus Anda lakukan: Bersihkan dompet Anda dari kertas-kertas dan barang tidak berguna. Singkirkan uang logam ke tempat lain.

Bila perlu ganti dompet Anda dengan yang lebih tipis untuk membawa yang paling Anda perlukan, seperti sedikit uang, kartu kredit, SIM dan KTP.

Dan hal yang terpenting adalah, jangan kembalikan dompet itu ke kantong belakang celana. Anda bisa menyimpannya di kantong jaket, kantong depan celana, atau di dalam tas. Selain lebih sulit dicopet, Anda harus membiarkan tulang belakang Anda berada di posisi semestinya. (Mensjournal,)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama