» » Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Bewara GSP - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada Subang 2018 sebanyak 80 persen. 

Target itu bukan tanpa perhitungan. KPUD Subang optimis bisa mencapai target tersebut. Berdasarkan catatan, partisipasi Pilkada 2013 lalu di angka 67,53 persen. 

Sementara di Pilpres 2014 lalu, partisipasi pemilih di Subang sebanyak 73 persen. Jika melihat partisipasi pemilih dalam dua pesta demokrasi terakhir di Subang menunjukan adanya peningkatan. 

Target 80 persen bisa dijawab oleh KPUD Subang, manakala ada keseriusan di internal dan juga dukungan dari berbagai pihak guna meningkatkan partisipasi pemilih. Keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang kemarin dilaunching, merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih. 

Penandatangan kerjasama antara KPUD Subang dengan Disdikbud dan Kantor Kemenag Subang kemarin juga bagian tak terpisahkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula.  Ketua KPUD Subang, Maman Suparman mengatakan, masyarakat khususnya yang telah memiliki hak pilih harus mendapatkan edukasi mengenai pemilihan umum.  RPP ini memanfaatkan ruangan yang ada di kantor KPUD Subang. 

Di dalamnya terdapat segudang informasi mengenai pemilihan umum dari mulai sejarah hingga perkembangannya, informasi mengenai pilkada Subang, dan termasuk ada fasilitas simulasi pemungutan suara. Menggunakan media visual dan audio visual.  Mewakili KPU Jawa Barat, Agus Rustandi mengatakan, RPP merupakan program nasional dari KPU Pusat. Di daerah harus ada RPP agar partisipasi pemilih ada peningkatan.   

KPU Jabar berharap tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak di 16 kab/kota dan termasuk Pilgub mendatang ada peningkatan dari sebelumnya.  Plt Bupati Subang, Hj Imas Aryumningsih mengatakan, mendukung upaya adanya peningkatan partisipasi pemilih untuk Pilkada 2018 mendatang. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama