» » Usia Muda jadi Faktor Kematian Ibu

Bewara GSP - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang terus berupaya menekan angka kematian ibu dan anak pasca melahirkan. 

Pasalnya pada rentan bulan Januari-Februari 2017 ini tercatat sudah ada enam kasus yang ditemukan Dinkes. Disinyalir salah satu faktor terbesar dalam kasus tersebut adalah umur ibu yang masih terlalu muda. 

Plt Kepala Dinkes Subang, dr Dwinan Marchicawati mengungkapkan butuh pemahaman serius untuk menangani kasus tersebut. Menurutnya, keterlambatan diskusi keluarga untuk tindakan penanganan dan penyakit penyerta juga turut menjadi penyebab kematian.

“Pendarahan hebat yang dialami oleh ibu melahirkan seringkali berdampak kepada kematian ibu atau anak. Biasanya dikarenakan umur ibu yang masih sangat muda. Jadi rentan sekali untuk melahirkan,” 

Dirinya menerangkan, pada tahun 216 ditemukan sedikitnya tiga puluh tiga kasus kematian ibu dan anak. Diantaranya disebabkan oleh pendarahan. Sementara itu di tahun 2016 baru enam laporan kasus serupa yang masuk ke pihak Dinkes Subang. 

Untuk itu pihaknya semakin gencar melakukan sosialisasi dan edukasi guna menekan angka kematian ibu dan bayi. Hal ini perlu didukung oleh setiap elemen, mulai dari tenaga medis seperti bidan dan Puskesmas sampai masyarakat.

 “Kita masih menerima laporan kalau masih ada calon ibu yang berusia tiga belas sampai empat belas tahun,” pungkasnya.(pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama