» » » Festival Seni Budaya, Bentuk Upaya Pelestarian

Bewara GSP - #Festival Seni dan Budaya yang digelar BEM Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Subang berlangsung meriah.
 
Para peserta festival mulai dari pelajar SD dan SMP, termasuk mahasiswa STKIP Subang memeriahkan acara yang dilaksanakan selama dua hari 23-24 Mei 2017 di halaman Kampus STKIP Subang.

Ketua Pelaksanan Festival Seni dan Budaya, Annisa Abdhia Saleha mengatakan, berbagai acara diselenggarakan mulai dari perlombaan seni jaipong yang diikuti oleh pelajar SD dan SMP, pertunjukan sisingaan, perkusi dan kegiatan seni budaya lainnya.

“Termasuk adanya pameran yang diikuti oleh setiap himpunan mahasiswa. Ada juga kreasi makanan,” kata Annisa didampingi Wakil Ketua Pelaksana, M Faisal.

Ada acara yang tak kalah menariknya, yakni Nyunda Challange. 
Di dalamnya ada lima tantangan yang harus diikuti oleh peserta yakni mulai dari bahasa, lagu, tatakrama, pakaian dan tarian yang berhubungan dengan Sunda.

Tantangannya, peserta harus membuat video yang sesuai dengan kategori yang ada. Kemudian diserahkan ke juri untuk dinilai dan dishare melalui media sosial Instagram.

“Dengan cara ini kami mensosialisasikan mengenai seni dan budaya Sunda,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Presma BEM STKIP Subang, Rikzi Kurniawan menyampaikan apresiasinya kepada para pelajar dan mahasiswa STKIP Subang yang memeriahkan acara tersebut. Dengan seperti itu, mereka telah memperlihatkan kecintaannya terhadap seni dan budaya tradisional.

Saat ini, kata Rizki, semangat melestarikan seni dan budaya tradisional harus dikuatkan lagi. Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa, mereka harus lebih aktif lagi mengadakan kegiatan seni dan budaya sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya itu sendiri.

“Apalagi kami ini sebagai calon pendidik, harus paham betul bagaimana melestarikan seni dan budaya tradisional,” ujarnya.(pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama