» » Janji Perbaiki Layanan Informasi Publik

Bewara GSP-  Subang bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat menggelar Workshop tentang Keterbukaan Informasi Publik yang dipusatkan di ruang rapat bupati, Kamis (18/5).   

Sekda Subang, Drs H. Abdurakhaman MSi menjelaskan, tahun lalu layanan keterbukaan informasi publik (KIP) Pemkab Subang menduduki peringkat 11 di Jawa Barat. Dengan dasar itu, Abdurakhaman berjanji akan terus memperbaikinya. 

Salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas SDM dari tingkat desa hingga kabupaten. 

Di kesempatan yang sama Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi menjelaskan, workshop dihadiri perwakilan tiap OPD di lingkungan Pemkab Subang. 

Kondisi tersebut, kata Ineu, menjadi perhatian serius DPRD Jawa Barat. Untuk memperbaiki peringkat, lanjut Ineu, tidak  hanya dilakukan di tingkat Provinsi Jabar, tapi harus ada kerja sama dan dukungan dari pihak kabupaten/kota.   

Menurutnya, keterbukaan informasi publik harus menjadi komitmen bersama. Selain itu pengelolaan informasi perlu ada pembenahan. 

Setiap sektor harus mempunyai pemahaman sama.  Setiap OPD juga harus ada penanggungjawab yang memahami KIP. Apalagi selama ini sengketa informasi terjadi akibat adanya anggapan kurang tepat, yaitu bila informasi dibuka bisa mengancam lembaga. 

Tidak jarang pula ada pejabat sudah dilatih memiliki keahlian KIP, terkena rotasi, tapi penggantinya belum punya keahlian.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama