» » Tahun Ajaran Baru, Perbup PPDB Belum Terbit

Bewara GSP - Tidak lama lagi sekolah akan ‘kedatangan’ calon peserta didik baru. Sekolah saat ini tengah disibukan untuk mempersiapkan penyambutan calon peserta didik baru itu.
 
Sementara di satu sisi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang tengah menyusun aturan main PPDB tahun ajaran 2017/2018. Untuk kemudian dijadikan terbit Perbup yang mengatur tentang PPDB.

“Untuk Perbup-nya sendiri belum diterbitkan, masih kita susun. Acuannya untuk PPDB saat ini sesuai dengan Permendikbud No 17 tentang PPDB,” kata Kabid Pembinaan SMP Kabupaten Subang Drs Mas Indra Subhan MSi belum lama ini.

Dia mengatakan, saat ini Disdikbud Subang hanya mengatur PPDB SD dan SMP saja. Sementara untuk SMA/SMK diatur oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk PPDB SMP saat ini ada perubahan yang menonjol dari sebelumnya. Yakni dengan menggunakan sistem zonasi, sekolah harus menerima sebanyak 90 persen pendaftar dari lingkungan setempat sekolah. 

Dengan sistem zonasi itu, diharapkan agar pendaftar memilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Dia mengatakan, tak ada lagi penyebutan sekolah favorit. Artinya, supaya pendaftar tidak bertumpuk pada satu sekolah. Memang itu merupakan hak pendaftar, namun itu dilakukan sebagai upaya agar tidak ada sekolah yang tidak kebagian siswa.

Untuk menghindari anggapan ada sekolah yang menerima siswa sebanyak-banyaknya, setiap sekolah dibatasi hanya boleh menerima 11 rombongan belajar atau kelas. Dalam satu rombel maksimal berjumlah 32 orang.

Agar PPDB berjalan dengan tertib, tidak ada pihak yang dirugikan, kata dia, Disdikbud Subang akan membuka posko pengaduan. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama