» » Ujian Siswa SLB Harus Didampingi

Bewara  GSP- Siswa peserta Ujian Sekolah (US) di Sekolah Luar Biasa (SLB) perlu didampingi guru saat mengerjakan soal. Bukan untuk diberitahu jawabannya, melainkan supaya siswa memahami soal yang dimaksud.
 
“Bukan membantu menjawab, melainkan dibimbing diarahkan untuk memahami soal yang dimaksud,” kata Ketua Panitia US SLB Negeri Trituna Subang, Frestianty Di Subang, Kamis (18/5).

Dia mengatakan, khawatir jika siswa dibiarkan begitu saja tanpa didampingi oleh guru pengawas, mereka tidak bisa mengerjakan soal. Apalagi siswa yang memiliki jenis kelainan autis. Dia sulit bisa konsentrasi untuk mengerjakan soal.

Itulah salah satu didikan guru SLB dari mulai awal siswa masuk sekolah, belajar hingga melaksanakan ujian sekolah pun perlu mendapat bimbingan dari gurunya. Bagi guru SLB, sudah menjadi keharusan mereka mendapat pelayanan pendidikan semaksimal mungkin dari guru.

Wakasek Kurikulum SLB Negeri Trituna Subang, Ruhyana menyampaikan, ada delapan orang siswa yang mengikuti ujian sekolah tahun ini. Terdiri dari lima jenis kelainan antara lain tuna rungu, tuna grahita ringan, tuna grahita sedang, tuna daksa dan autis.

Karena berbeda jenis kelainan, soal yang diberikan pun berbeda. Ruangannya pun dipisah termasuk penanganan saat melaksanakan ujian dari pengawas pun berbeda.

“Jadi tidak bisa disamaratakan. Penanganannya sesuai dengan kebutuhan,” katanya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama