» » Agendakan Percepatan Pembangunan Desa

Bewara GSP - Plt. Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih kembali melantik Pjs Kepala Desa di Kecamatan Pagaden. Sebelumnya dua pejabat Pjs Kades yang lalu sudah habis masa tugasnya, dimana sesuai dengan aturan bahwa Pjs hanya dijabat selama enam bulan.
 
Kedua Pjs tersebut dilantik bersamaan di Aula Kecamatan Pagaden yaitu Pjs Kades Gunungsari, Apendi Tiswanto dan Pjs Kades Gambarsari, Tatang Sugiwa pada hari Jumat,(2/6). Pelantikan disaksikan oleh Muspika Kecamatan Pagaden dan dihadiri oleh tokoh masyarakat serta sejumlah Kades se-Kecamatan Pagaden.

Dalam sambutannya Imas mengatakan bahwa pihaknya kini tengah mengagendakan percepatan pembangunan perdesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Menurutnya minimal ada dua aspek yang harus dijadikan acuan yaitu peningkatan kapasitas pemerintahan desa melalui perangkatnya bersama Kepala Desa dan Lembaga Desa. dengan menyelenggarakan pelatihan , pendampingan bimbingan manajemen pengelolaan keuangan desa melalui sistem keuangan desa (Siskeudes).

Kedua adalah aspek pemberdayaan masyarakat desa dengan meningkatkan peran kelembagaan seperti BPD dan LPM sehingga diharapkan menjadi komponen yang kuat dalam menunjang pembangunan desa secara fisik dan non fisik termasuk penguatan dan pengembangan BUMDes.

” Tri Partit komponen yaitu Kades, BPD dan LPM bersinergi sebagai pelaku pembangunan desa dan pemberdayaan masyarkatnya, sehingga target kemajuan pembangunan desa akan tercapai sesuai sasaran, mari kita wujudkan ” desa pembangunan partisipatif dengan masyarakat berkarya ,” ujarnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dispemdes H. Enjat Rohdiat menyatakan bahwa pembangunan di desa bukan milik segelintir orang tetapi menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat semuanya yang ada di desa dengan kata lain

” Musyawarahkan apa yang akan dibangun dan bangun apa yang dimusyawarahkan”, katanya.
Kepala Desa sebagai Top Manajer harus selayaknya memfungsikan peran BPD sebagai perumus pembangunan dan LPM sebagai pelaksana pembangunan sehingga anggaran desa yang demikian besar berjalan tepat pada sasarannya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama