» » Pemkab Subang Manfaatkan Sampah Jadi Energi Terbarukan

Bewara GSP- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Subang memanfaatkan gas metan dari gundukan sampah, yang ada di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), menjadi hal yang positif dan bermanfaat bagi kebutuhan rumah tangga, seperti untuk energi terbarukan, berupa gasmetan bisa menjadi bahan bakar kompor gas, dan listrik.

Menurut Kepala BLH Kabupaten Subang, H. Yayat Sudrajat, insfirasi ini bermula dari bank sampah yang dikelola oleh rumah asfirasi yang terletak di Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang, sebagai upaya pengelolaan sampah dalam mewujudkan raihan piala adipura buana.

"Di rumah asfirasi bank sampah tersebut, sampah dipilah-pilah antara sampah organik dan anorganik, kemudian setelah sampah itu dipilah, yang anorganik di buat kerajinan tangan, dan sampah organik di olah menjadi energi terbarukan berupa gas metan,"

Masih menurut Yayat, sampah yang diolah menjadi energi terbarukan itu, kemudian diterapkan di TPA Panembong, atas kerjasama Kodim 0605 Subang, Polres dan Pemkab Subang, selanjutnya di TPA Panembong saat ini, sudah pihaknya sudah bisa menyalurkan gas metan ke 10 Kepala Keluarga, di Kelurahan Parung Kecamatan Subang, sebagai bahan bakar.

"Beberap hari lalu Kita sudah lounching itu ke sepuluh rumah, yang dilakukan oleh Kodim 0605 Subang, dan Polres Subang serta pemkab Subang, kepada 10 Kk di Keluraha Parung, dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat," 

Sementara itu kata Yayat, jika pengelolaan ini didukung dengan anggaran yang optimal, maka instalasi untuk gas metan tersebut yang ada di TPA Panembong dengan luas sekira f hektare itu, nantinya bisa memproduksi gas metan untuk 5 ribu KK atau rumah tangga, dan kedepannya akan di terapkan juga di setiap TPS yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Subang. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama