» » Viking Smanda, Pendukung Persib yang Anti Kekerasan

Bewara GSP - Komunitas suporter sepakbola Viking Smanda Subang memiliki banyak kegiatan positif. Selain aktif memberikan dukungan terhadap klub kebanggaannya, Persib Bandung, komunitas yang beranggotakan lebih dari seratus orang ini juga aktif berkegiatan sosial. 

Ilham Fadli Sania selaku Ketua Viking Smanda mengaku komunitasnya sempat tak berjalan selama beberapa waktu. Namun di tahun 2017 ini, dibawah asuhan Viking Subang, merek akembali giat melakukan kegiatan.

“Struktur pengurus baru saja di bentuk. Namun kegiatan yang kita buat sudah lumayan berjalan. Beberapa waktu lalu kita menggelar bagi-bagi takjil dalam rangka bulan Ramdhan,” 

Selain itu, ia juga mengungkapkan, Viking Smanda juga aktif membantu kinerja OSIS. Biasanya meraka berperan sebagai kemanan sekolah saat ada event dan selalu memastikan kebersihan sekolah.

Diantara banyaknya anggota laki-laki, Viking Smanda juga memiliki sepuluh anggota perempuan. Sagita Nurhasanah, salah satu anggota perempuan di Viking menuturkan dirinya sudah mencintai klub sepak bola Persib sejak kecil.

“Alasan gabung dengan Viking Smanda karena sejak kecil Mama selalu ajak nonton Persib. Kalau nonton pertandingan Persib banyak teman-teman yang menjaga. Misal saat di Bus kita tidak diperkenankan duduk di dekat kaca karena khawatir ada serangan dari kelompok suporter lain,”  

Sementara itu, anggota Viking Smanda lainnya, Ilyas Muhammad Subagja menuturkan kesan negatif yang sering disematkan kepada suporter sepak bola, sedikit demi sedikit ingin diubah oleh Viking Smanda. Sebagai pelajar, mereka terus mengampanyekan permainan sportif dan tetap berbesar hati jika klub kesayangan mereka mengalami kekalahan.

Kedepan, Viking Smanda juga berencana bergabung dengan komunitas Viking School Subang. Konsep Viking School Subang adalah menyatukan seluruh komunitas suporter Persib yang ada di sekolah-sekolah. Diharapkan, gagasan tersebut dapat mempererat silaturahmi dan menghindari konflik antar pelajar.   (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama