» » Pusakaratu dan Compreng jadi Desa Imigran Produktif

Bewara GSP - Plt. Kepala Seksi Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Subang Afdian menyebutkan dua desa di wilayah Subang masuk dalam daftar penduduk terbanyak yang bekerja ke luar negeri atau bisa dikatakan Desa Imigran.
 
Dua desa tersebut yaitu Desa Pusakaratu Kecamatan Pusakanagara dan Desa Compreng Kecamatan Compreng dimana warganya banyak yang menjadi TKI luar negeri.

Menurut Afdian ketetapan dua desa tersebut ditentukan oleh Kemenakertrans berdasarkan akurasi dan validasi data TKI yang berasal dari dua desa itu TKI paling banyak.

Program ini pun nantinya akan disinergikan dengan 10 dinas terkait yang mendorong keberhasilan desa imigran itu dengan berbagai program pelatihan dan padat karya, yang mampu mendorong potensi dan kemampuan masyarakat mantan TKI sehingga lebih mampu dan berdaya usaha di daerah sendiri.

Sementara itu Sekretaris Desa Pusakaratu Totong menyatakan bahwa menurut data di desa jumlah warganya yang menjadi TKI atau Imigran di negara luar sekitar 450 orangan.

Dari jumlah itu tersebar di sejumlah negara Asia seperti Taiwan dan Hongkong serta Timur Tengah.

Untuk potensi sumber daya alam menurut Totong Desa Pusakaratu adalah desa agraris.

“Ya mudah-mudahan saja kita berharap dengan program Desmigeratif ini bisa membangkitkan warganya untuk mampu berdaya usaha mandiri,” pungkasnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama