» » Belasan Hektare Tanaman Padi di Subang Terancam Puso Karena Terserang Hama dan Penyakit

Bewara GSP - Lima belas ribu hektare lebih tanaman padi di Kabupaten Subang, terancam terkena puso, yang akan berdampak terhadap terjadinya kegagalan panen, akibat terserang berbagai jenis hama dan penyakit seperti, hama kerdil hampa, penggerek batang, dan hama tikus.  

 Adih Rohendi (48) seorang petani asal Desa Jabong Kecamatan Pagaden menyatakan, tanaman padi miliknya yang sudah berusia 2 bulan, 

saat ini tanaman padi miliknya itu, dalam kondisi daun memerah, sejak usia tanam 1 bulan, meski sudah ditanggulangi dengan berbagai jenis pestisida, namun bukannya mengalami perubahan, malahan kondisi tanaman padi tersebut, semakin parah. sedangkanupaya lainnya yang dilakukannya itu, saat ini tanaman padi miliknya itu, sudah diberi pupuk kotoran hewan (kohe), dengan harapan daunnya bisa kembali menghijau.  

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, H. Jaja Rohadamadja, mengungkapkan, luas areal sawah yang terancam hama wereng batang coklat (WBC) seluas terancam 6.769 hektare, yang terancam penyakit kerdil rumput seluas 4.648 hektare, yang terancam penyakit kerdil hampa sekuas 1.750 hektare, yang terancam pengerek batang ancaman 1.612 hektare dan terancam hama tikus 464 hektare.  

Meski pihaknya sudah berupaya kata Jaja, dengan mengendalikan hama dan penyakit tersebut, bersama dengan TNI, namun sampai saat ini, serangan hama dan penyakit tersebut, masih belum terlihat ada perkembangan yang menggembirakan.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama